Anggraeni, AyuWiji (2016) Peranan Faktor Internal dan Eksternal Dalam Pencapaian Target Penerimaan Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan Dari Pertambangan Batu Kapur di Kabupaten Tuban. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Realisasi penerimaan Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan di Kabupaten Tuban selalu melampaui target yang telah ditetapkan, tetapi tingkat pencapaian targetnya masih cenderung mengalami kenaikan dan penurunan. Batu kapur merupakan jenis galian yang memberikan penerimaan terbesar pada Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan. Keberhasilan tersebut tentunya tidak lepas dari faktor internal dan faktor eksternal yang berperan di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan faktor eksternal yang berperan dalam pencapaian terget penerimaan Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan dari pertambangan batu kapur di Kabupaten Tuban. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Dokumen yang digunakan berupa data target dan realisasi penerimaan Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan dan data penerimaan pajak daerah Kabupaten Tuban selama tahun 2010-2014, serta data tunggakan Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan pada tahun 2014. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis Creswell. Hasil dari penelitian ini yaitu faktor internal yang berperan dalam pencapaian target penerimaan Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan dari pertambangan batu kapur di Kabupaten Tuban yaitu penetapan target, kebijakan-kebijakan yang dilaksanakan, sistem pemungutan, kualitas pelayanan, tindakan penagihan, dan kinerja pegawai. Faktor eksternal yang berperan dalam pencapaian target penerimaan pajak yaitu kepatuhan wajib pajak dan pendapatan wajib pajak. DPPKAD Kabupaten diharapkan dapat terus mempertahankan keberhasilan realisasi pajak dan meningkatkan penerimaan Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan setiap tahunnya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan meningkatkan kinerja pegawai, kepatuhan wajib pajak, dan kualitas pelayanan. Memberlakukan sistem pemungutan yang lebih efektif dan efisien dari segi penerimaan dan biaya pemungutan serta menindak tegas wajib pajak yang melakukan kecurangan diharapkan bisa meningkatkan penerimaan Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan sehingga dapat melampaui target yang telah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/492/051608010 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 19 Aug 2016 09:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 09:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118820 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |