Implementasi Rencana Tata Ruang Wilayah Dalam Pengembangan Pertambangan Mineral Berbasis Wilayah (Studi di Kabupaten Blitar)

Hapsari, NovitaWahyu (2016) Implementasi Rencana Tata Ruang Wilayah Dalam Pengembangan Pertambangan Mineral Berbasis Wilayah (Studi di Kabupaten Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang ada di alam yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Yang terdapat didalamnya tidak hanya komponen biotik yang terdiri dari tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme, melainkan juga terdapat komponen abiotik seperti minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam, air dan tanah. Inovasi teknologi, kemajuan peradaban dan populasi manusia, serta revolusi industri telah membawa manusia pada era eksploitasi alam yang merugikan alam dan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, mengidentifikasi, dan menganalisis implementasi rencana tata ruang wilayah dalam pengembangan pertambangan mineral berbasis wilayah di Kabupaten Blitar untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dalam mengelola pertambangan. Pemerintah Kabupaten Blitar bersama Dinas PU Cipta Karya dan SKPD lainnya telah berupaya melaksanakan impelmentasi rencana tata ruang wilayah dalam mengembangkan wilayah pertambangan. Dewasa ini tidak hanya tata ruang wilayah saja yang dikembangakan tetapi pertambangan juga sudah dikembangkan dengan memetakan berdasarkan wilayahnya berdasarkan mineral yang dikandungnya. Keterlibatan aktor sering kali mempengaruhi berjalannya sebuah implementasi kebijkan yang akan berlangsung, terlebih lagi kebijakan dalam implementasi rencanan tata ruang wilayah dalam pengembangan pertambangan mineral ini. Rekomendasi dari peneliti terhadap Pemerintah dan Dinas PU Cipta Karya dalam mengembangan wilayah pertambangan adalah untuk segera menertibkan aktor yang terlibat. Setiap aktor pemerintah yang terlibat dalam pertambangan harus segera mendaftarkan diri kepada perizinan setempat untuk mengelola wilayah pertambangan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki izin pertambangan bagi pemilik usaha tambang. Sedangkan rekomendasi untuk masyarakat adalah untuk menjaga lingkungan pertambangan dengan baik dengan cara mempunyai izin pertambangan bagi pemilik usaha tambang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/49/0051602280
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 05 Apr 2016 09:41
Last Modified: 27 Jun 2022 04:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118817
[thumbnail of NOVITA WAHYU HAPSARI.pdf] Text
NOVITA WAHYU HAPSARI.pdf

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item