Prosedur Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan di Sektor Pedesaan Dalam Kontribusinya Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Blitar (Studi Pada Kantor Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Blitar)

Rachman, RizkyFadillah (2016) Prosedur Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan di Sektor Pedesaan Dalam Kontribusinya Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Blitar (Studi Pada Kantor Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu unsur pendapatan daerah dalam meningkatkan adalah melalui Pajak Bumi dan Bangunan yang diatur dalam UU. No 28 tahun 2009. Pada pasal 182 pada UU. No 28 Tahun 2009, telah diamanatkan Pajak Bumi dan Bangunan diserahkan kepada Pemerintah Daerah, ini bertujuan untuk meningkatkan pembangunan secara merata di daerah. Ini membuat Pemerintah Daerah akan terdorong untuk lebih berhati-hati dalam pengeluarannya jika sebagian besar anggaran didanai dari sumber-sumber penerimaan asli daerah. Selain untuk meningkatkan pembangunan di daerah, pengalihan Pajak Bumi dan Bangunan juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja pemungutan pajak melalui peningkatan kualitas pelayanan kepada wajib pajak. Pada penilitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan sektor pedesaan di Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif Pada penelitian ini memfokuskan pada Prosedur Pendaftaran Obyek Pajak, Prosedur Pendataan Obyek Pajak, Prosedur Penilaian Obyek Pajak, Prosedur Penetapan Obyek Pajak dan Subyek Pajak, Prosedur Penerbitan dan Penyampaian SPPT, Prosedur Pembayaran, Prosedur Penagihan, Prosedur Mutasi, Pembetulan SPPT, Pembatalan, Prosedur Keberatan dan Banding, Prosedur Penentuan Kembali dan Penundaan Tanggal Saat Jatuh Tempo, Target Realisasi Pajak Bumi dan Bangunan tahun 2009-2014, Kontribusi Pajak Bumi dan Bangunan terhadap Pendapatan Asli Daerah, Target Realisasi Pajak Bumi dan Bangunan tahun 2009-2014, dan faktor pendukung maupun penghambat. Situs penelitian berada di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Blitar. Data primer diperoleh berdasarkan wawancara, sedang data sekunder diperoleh melalui dokumen maupun kebijakan yang berhubungan dengan penelitian teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi Proses prosedur pemungutan pajak bumi dan bangunan di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Blitar berjalan cukup baik dan pelayanan terhadap wajib pajak pun berjalan baik. Target PBB yang dibebankan realisasinya hampir selalu menyentuh hasil sempurna. Dinas Pendapatan Daerah juga selalu mensosialisasikan pembayaran pajak kepada masyarakat di Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/476/051607994
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Aug 2016 13:33
Last Modified: 19 Aug 2016 13:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118802
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item