Peran Pemerintah Daerah dalam Pemberdayaan Industri Batik (Studi pada Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pertambangan, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Banyuwangi),

Amalia, Riski (2016) Peran Pemerintah Daerah dalam Pemberdayaan Industri Batik (Studi pada Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pertambangan, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Banyuwangi),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemberdayaan yang dilakukan selama ini dengan berbagai bentuk dan variasinya, memiliki tujuan untuk mengarahkan kehidupan masyarakat menjadi lebih baik, karena tujuan utama dari pemberdayaan adalah tercapainya kesejahteraan masyarakat khususnya pada kehidupan orang banyak akan menjadi kurang maksimal, sehingga bisa menghambat roda perekonomian dari daerah tersebut. Pemberdayaan berperan untuk mengarahkan, melatih, serta mendidik masyarakat agar memiliki pengalaman, pengetahuan serta kreatifitas untuk mengembangkan kehidupannya. Industri batik yang terdapat di Desa Tampo Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi adalah salah satu kegiatan yang dapat menumbuhkan kegiatan perekonomian masyarakat, sehingga peran pemerintah daerah harus ikut serta dalam mengembangkannya. Hal ini pemerintah daerah Kabupaten Banyuwangi melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pertambangan serta Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Banyuwangi berusaha untuk melakukan pemberdayaan kepada pengusaha/pengrajin batik untuk mengembangkan agar industri batik menjadi produk unggulan daerah. Menganalisa berbagai permasalahan yang ada di lapangan dengan menggunakan teori peran pemerintah dalam pemberdayaan, pemberdayaan industri kecil dan menengah. Ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana peran pemerintah daerah dalam pemberdayaan industri batik. Peneliti ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi dan situs dalam penelitian ini berada di pelaku IKM di Desa Tampo Kecamatan Cluring serta Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pertambangan dan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini dilakukan melalui obsevarsi, wawancara, dan dokumentasi. Model analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah model analisis data Milles dan Huberman, yang terdiri pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini membahas tentang peran yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pertambangan serta Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Banyuwangi dalam pemberdayaaan industri batik dengan melalui peran terhadap permodalan, sumber daya manusia, pemasaran dan penguasaan teknologi. Dalam pemberdayaan industri batik oleh Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pertambangan serta Dinas Koperasi dan UMKM ini memiliki dampak positif karena dapat meningkatkan pendapatan, terbukanya lapangan kerja dan meciptakan inovasi. Beberapa faktor pendukung dari peran yang dilaksanakan adalah kegiatan pameran hasil IKM batik oleh pemerintah daerah Kabupaten Banyuwangi dan Paguyuban batik. Hambatan dalam pemberdayaan batik adalah rendahnya keahlian sumber daya manusia dan sulitnya mencari bahan baku pembuatan baku.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/470/051607988
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Aug 2016 09:14
Last Modified: 22 Aug 2016 09:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118796
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item