Strategi Badan Pelayanan Perizinan dalam Meningkatkan Retribusi Izin Gangguan/ Hinder Ordonantie (HO) Kabupaten Jombang.

Farichah, Imro`atul (2016) Strategi Badan Pelayanan Perizinan dalam Meningkatkan Retribusi Izin Gangguan/ Hinder Ordonantie (HO) Kabupaten Jombang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar masih adanya permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh Badan Pelayanan Perizinan dalam meningkatkan penerimaan daerah dari retribusi izin gangguan/HO, selain itu prosentase penerimaan retribusi izin gangguan/HO yang mengalami fluktuasi setiap tahunnya, namun selalu melampaui target. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis strategi Badan Pelayanan Perizinan dalam meningkatan retribusi izin gangguan (HO) Kabupaten Jombang Metode penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah di Kabupaten Jombang, dan situs penelitian di Badan Pelayanan Perizinan Kabupaten Jombang. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokementasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi peningkatan retribusi izin gangguan/HO yang dilakukan oleh Badan Pelayanan Perizinan Kabupaten Jombang adalah dengan melakukan peningkatan mutu pelayanan perizinan, pemanfaatan teknologi dan informasi yang optimal, peningkatan tertib administrasi perizinan dan peningkatan partisipasi masyarakat di bidang perizinan, peningkatan disiplin aparatur dan sarana prasarana aparatur. Saran atas strategi Badan Pelayanan Perizinan dalam meningkatkan retribusi izin gangguan/HO Kabupaten Jombang adalah dengan lebih mengoptimalkan penggunaan Teknologi Informasi dalam hal pelayanan perizinan, melakukan sosialisasi di desa-desa, mengadakan pelatihan-pelatihan disiplin pegawai, dan peningkatan koordinasi dengan dinas terkait.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/465/051607734
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Aug 2016 10:23
Last Modified: 22 Aug 2016 10:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118790
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item