Implementasi Kebijakan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang)

Septianingsih, AnindyaSari (2016) Implementasi Kebijakan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem Informasi Administrasi Kependudukan yang disingkat dengan SIAK, adalah suatu sistem informasi berbasis web yang disusun berdasarkan prosedurprosedur dan memakai standarisasi khusus yang bertujuan menata sistem administrasi di bidang kependudukan, sehingga tercapai tertib administrasi dan juga membantu petugas di jajaran pemerintah daerah, khususnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di dalam menyelenggarakan layanan kependudukan. SIAK yang di implementasikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2007 yang memuat tentang pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang administrasi kependudukan. Implementasi SIAK dalam pelayanan publik dapat diwujudkan apabila ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti: proses komunikasi yang berlangsung, sumber daya yang menunjang, faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi keberhasilan implementasi kebijakan SIAK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang dalam melaksanakan kebijakan SIAK. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi lapangan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang dapat diperoleh kesimpulan bahwa implementasi kebijakan SIAK dalam pelayanan administrasi kependudukan dapat dikatakan baik, karena proses komunikasi yang jelas dan tepat sasaran. Selain itu adanya sumber daya yang mendukung proses implementasi SIAK meskipun jumlah staf terbatas. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang dapat mengatasi hal tersebut dengan memaksimalkan kemampuan jumlah staf yang ada. Pada intinya faktor pendukung implementasi SIAK yaitu terdapat landasan hukum yang jelas dan adanya komunikasi antar aktor yang jelas. Hambatan yang dialami Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang dalam pelaksanaan Kebijakan SIAK yaitu sumber daya manusia yang terbatas dimana staf pelaksana SIAK di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang masih terbatas, bahkan sarana prasarana yang berhubungan dengan Teknologi Informasi masih kurang ideal. Selain itu kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya fungsi pengelolaan administrasi kependudukan lewat jaringan komputer sehingga implementasi kebijakan SIAK sedikit terhambat. vii Dengan penelitian ini diharapkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang harus terus melakukan pengembangan sumber daya manusia serta memaksimalkan kegiatan sosialisasi kepada semua lapisan masyarakat Kota Malang agar kesadaran masyarakat bisa meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/464/051607733
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Aug 2016 10:50
Last Modified: 19 Aug 2016 10:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118789
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item