Peran Pemerintah Daerah Dalam Pemberdayaan Industri Kecil dan Menengah (IKM) Industri Emping Jagung Dan Tortila (Studi Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan Desa Pandankerajan Kabupaten Mojoke

Amrillah, MuhammadNafier (2016) Peran Pemerintah Daerah Dalam Pemberdayaan Industri Kecil dan Menengah (IKM) Industri Emping Jagung Dan Tortila (Studi Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan Desa Pandankerajan Kabupaten Mojoke. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemberdayaan dilakukan untuk mengangkat serta memberikan dukungan kepada masyarakat secara nyata agar mereka memiliki kemampuan untuk mengaktualisasikan potensinya. Dengan basis kemandirian lokal serta adanya pemberdayaan dari pemerintah, maka diharapkan untuk terjadi sinergi yang positif dan berkesinambungan. Salah satu cara untuk mewujudkan kreatifitas dan kemandirian lokal yaitu dengan pengembangan bentuk usaha-usaha ekonomi berbasis masyarakat atau yang dikenal dengan industri kecil dan menengah (IKM). Kabupaten Mojokerto merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang memiliki jumlah industri kecil dan menengah sangat banyak. Salah satunya emping jagung dan tortila terletak di Kabupaten Mojokerto Desa Pandankrajan Kecamatan Kemlagi yang merupakan sentra industri kecil menengah penghasil keripik emping jagung dan tortila jagung. Industri yang berbahan dasar dari jagung merupakan salah satu produk asli masyarakat Mojokerto dan menjadi sumber ekonomi potensial. Untuk mengetahui pemberdayaan yang dilakukan, maka peneliti menetapakan fokus melalui indikator yaitu pemberian pelatihan, promosi dan pemasaran, sarana prasarana penunjang produksi, pengembangan sumber daya manusia, dan peraturan perizinan dan pengendalian usaha. Model analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah model analisis data Milles Huberman dan Saldana, yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mojokerto adalah pertama sebagai fasilitator dan pendampingan dalam melakukan pembinaan kemudian mengarahkan agar lebih berkembang dan mandiri. Tujuannya adalah agar IKM bisa bersaing dengan usaha lain ditingkat Kabupaten, regional bahkan tingkat nasional dengan beberapa program yang sifatnya pemberdayaan. Upaya Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mojokerto ini sebagai instansi yang menaungi pengusaha Emping jagung dan tortila hanya sebagai pendamping yang nantinya akan bertanggung jawab terhadap proses perkembangan usaha kecil yang ada di Kabupaten Mojokerto.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/459/051607728
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Aug 2016 10:09
Last Modified: 19 Aug 2016 10:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118783
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item