Andaruni, 2016, Analisis Implementasi Wajib Pungut (WAPU) Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM)

Andaruni, Widyanti (2016) Andaruni, 2016, Analisis Implementasi Wajib Pungut (WAPU) Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pajak merupakan salah merupakan salah satu sumber penerimaan negara. Salah satu penerimaan pajak terbesar yaitu berasal dari penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN). PPN dikenakan atas konsumsi Barang Kena Pajak (BKP) serta Jasa Kena Pajak (JKP), sedangkan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) dikenakan atas perolehan Barang Kena Pajak (BKP) yang tergolong mewah, yang dilakukan oleh pemerintah, perusahaan, serta orang pribadi. Setiap pemungutan PPN dan/atau PPnBM dilakukan oleh PKP. Sejak tahun 2015 melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 37/PMK.03/2015, Menteri Keuangan menunjuk secara langsung Badan Usaha sebagai Pemungut PPN dan/atau PPnBM yang juga melalui peraturan tersebut dilakukan restrukturisasi. Badan Usaha yang ditunjuk sebagai Pemungut memiliki dua status, yaitu sebagai PKP dan sebagai WAPU PPN dan/atau PPnBM. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti melakukan penelitian pada PT Petrokimia Gresik Situs penelitian dilakukan di Gedung Kantor Utama PT Petrokimia Gresik Lantai 1 (satu) Departemen Keuangan, Bagian Pajak dan Asuransi (PARANSI). Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara serta dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat dilihat apa saja perbedaan yang terjadi saat PT Petrokimia Gresik masih berstatus sebagai PKP serta saat PT Petrokimia Gresik telah ditetapkan sebagai WAPU. Selain itu juga dapat diketahui bahwa PT Petrokimia Gresik melakukan kewajiban perpajakannya setelah ditunjuk sebagai WAPU telah sesuai dengan PMK Nomor 37/PMK.03/2015. Serta hambatan-hambatan yang terjadi saat awal penunjukan PT Petrokimia Gresik sebagai WAPU PPN dan/atau PPnBM dan cara-cara PT Petrokimia Gresik mengatasinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/441/051607320
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Aug 2016 15:36
Last Modified: 23 Nov 2021 01:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118764
[thumbnail of Widyanti Andaruni.pdf]
Preview
Text
Widyanti Andaruni.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item