Strategi Pemerintah Daerah dalam Membangun Citra Positif melalui Media Online (Studi pada Bagian Hubungan Masyarakat Pemerintah Kota Malang),

Afdhal, Rezy (2016) Strategi Pemerintah Daerah dalam Membangun Citra Positif melalui Media Online (Studi pada Bagian Hubungan Masyarakat Pemerintah Kota Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya citra positif untuk dimiliki oleh setiap instansi tanpa terkecuali instansi pemerintah. Dalam sebuah lembaga, baik pemerintah maupun non pemerintah ada suatu divisi atau bagian yang memiliki tujuan untuk membangun citra positif yaitu Bagian Hubungan Masyarakat. Perkembangan teknologi informasi menuntut Bagian Humas untuk memberikan informasi kepada publik secara cepat guna membangun citra positif pemerintah. Untuk memberikan informasi secara cepat, media online adalah solusinya. Media online memudahkan humas dalam memberikan informasi kepada publik, karena akses penggunaan media online sangat mudah dan bisa dilakukan melalui gawai pintar masing-masing. Penggunaan media online juga dilakukan oleh Bagian Hubungan Masyarakat Pemerintah Kota Malang dalam membangun citra positif. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah strategi Humas Pemerintah Kota Malang dalam membangun citra positif melalui media online dilihat dari dimensi strategi menurut Wit dan Meyer yaitu, strategi proses, strategi konten dan strategi konteks, serta faktor pendukung dan penghambat Humas Pemerintah Kota Malang dalam membangun citra positif dilihat dari faktor internal dan eksternal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam membangun citra positif pemerintah Kota Malang yang dilakukan oleh Bagian Humas dilihat berdasarkan strategi proses telah berjalan dengan baik sesuai dengan strategi proses yang dikemukakan oleh Wit dan Meyer, strategi konten telah diterapkan dengan memperhatikan konten-konten yang dimuat pada website humas, namun belum maksimal dalam penerapannya, strategi konteks telah diterapkan dengan rasionalisasi dan alasan yang tepat terhadap pemilihan media online, namun belum maksimal. Membangun citra positif pemerintah melalui media online memiliki faktor pendukung secara internal dan eksternal, serta penghambat internal dan eksternal. Dalam hal ini ada baiknya Bagian Hubungan Masyarakat Pemerintah Kota Malang lebih memfokuskan perhatiannya kepada penerapan strategi konten, karena konten yang terdapat pada media online humas masih banyak kekurangan. Untuk mengatasi masalah keterbatasan sumber daya manusia, humas pemerintah kota Malang perlu menambah pegawai guna meningkatkan kinerja humas, khususnya dalam menggunakan media online. Pegawai humas nantinya juga perlu diberikan pelatihan dan keterampilan terkait penggunaan media online. Selain itu, humas harus mempromosikan media onlinenya guna meningkatkan ketertarikan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/410/051606935
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Aug 2016 15:38
Last Modified: 03 Aug 2016 15:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118730
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item