Rekayasa Desain Akustik Ruang Kelas SDN Kauman 1 Malang

Pasamurti, Titi Dwita (2018) Rekayasa Desain Akustik Ruang Kelas SDN Kauman 1 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Anak usia sekolah dasar memiliki tingkat konsentrasi dan pemahaman yang berkembang, sehingga membutuhkan lingkungan dengan kualitas akustik yang sesuai. Kualitas akustik yang sesuai pada ruang kelas akan meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar di ruang kelas. Kegiatan belajar mengajar di SDN Kauman 1 Malang belum kondusif karena guru masih harus berbicara lebih keras agar terdengar oleh seluruh ruang kelas. Hal ini disebabkan oleh kualitas akustik ruang kelas yang belum sesuai, yaitu tingkat kebisingan dan waktu dengung ruang kelas belum sesuai dengan standar akustik pada ruang kelas oleh SNI. Ruang kelas memiliki tingkat kebisingan 64 dB sedangkan yang dianjurkan oleh SNI adalah 35-40 dB. Waktu dengung pada ruang kelas sebesar 1,3-2,4 detik sedangkan waktu dengung pada ruang kelas menurut SNI yaitu 0,6-0,7 detik. Penelitian ini secara umum adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimental dengan digital software Ecotect. Penelitian juga menggunakan metode pengukuran langsung menggunakan sound level meter untuk mengukur tingkat kebisingan serta dilakukan perhitungan matematis. Tahapan penelitian yang dilakukan pertama yaitu mengumpulkan data primer dan sekunder yang kemudian dianalisis dengan bantuan standar akustik untuk sekolah, panduan desain akustik, rumus matematis, serta simulasi menggunakan digital software Ecotect. Kualitas akustik ruang kelas dapat ditingkatkan dengan mengubah material pelingkup ruang sesuai panduan desain akustik ruang kelas. Pengubahan material ini akan memperbaiki nilai waktu dengung dan tingkat kebisingan yang diterima oleh ruang kelas sesuai dengan standar yang digunakan. Desain rekomendasi dilakukan dengan menyesuaikan material penyerap dan pemantul pada material pelingkup ruang (plafon, dinding, dan lantai). Setelah dilakukan desain akustik pada ruang kelas, hasil waktu dengung sudah sesuai dengan yang dianjurkan SNI yaitu 0,6-0,7 detik dan mampu mereduksi kebisingan sebesar 30-42 dB. Desain terpilih menggunakan plafon gypsum pada ruang kelas dengan plafon 3,5 meter dan plasterboard gantung pada ruang kelas dengan plafon 4 meter. Lantai ruang menggunakan vinyl, dinding samping menggunakan fibreboard dengan 25mm celah udara, dinding belakang menggunakan veneered board berlubang, 50 mm, lubang 1 mm, jarak 3mm, lubang 9% area terbuka, rongga 150 mm diisi 30 mm mineral wool.

English Abstract

Primary school-aged children have a growing level of concentration and understanding, requiring an environment with appropriate acoustic quality. Accurate acoustic quality in the classroom will improve the quality of teaching and learning activities in the classroom. Teaching and learning activities at SDN Kauman 1 Malang have not been conducive because teachers still have to speak louder to be heard by the whole classroom. This is due to the unsuitable classroom acoustic quality, ie the noise level and the reverberation time of the classroom are not in accordance with the acoustic standard in the classroom by SNI. The classroom has a noise level of 64 dB while the recommended by the SNI is 35-40 dB. The reverberation time in the classroom is 1.3-2.4 seconds while the reverberation time in the classroom according to the SNI is 0.6-0.7 seconds. This research in general is quantitative research using experimental method with Ecotect digital software. The study also used direct measurement method using sound level meter to measure noise level and mathematical calculation. The first stage of the research is collecting primary and secondary data which is then analyzed with the help of acoustic standards for schools, acoustic design guides, mathematical formulas, and simulations using Ecotect digital software. The classroom acoustics quality can be improved by changing the spatial material according to the classroom acoustic design guidance. Changing this material will improve the value of the reverberation time and noise levels received by the classroom according to the standards used. Recommendation design is done by adjusting absorbent and reflecting material on spatial material (ceiling, wall, and floor). After the acoustic design is done in the classroom, the result of the reverberation time is in accordance with the recommended SNI of 0.6-0.7 seconds and capable of reducing noise by 30-42 dB. The design was selected using a gypsum ceiling in a classroom with a ceiling of 3.5 meters and a hanging plasterboard in a classroom with a ceiling of 4 meters. Floor material using vinyl, side wall using fibreboard with 25mm air gap, back wall using veneered board perforated, 50 mm, hole 1 mm, 3mm distance, 9% open area, 150 mm cavity filled 30 mm mineral wool.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/376/051804740
Uncontrolled Keywords: akustik, ruang dalam, kelas, waktu dengung
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering and allied operations > 620.2 Sound and related vibrations > 620.25 Acoustics in Specific Physical Environments
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Jul 2018 00:51
Last Modified: 21 Oct 2021 03:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11873
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Titi Dwita Pasamurti.pdf]
Preview
Text
Titi Dwita Pasamurti.pdf

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (711kB) | Preview
[thumbnail of 8. Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item