Analisis Fundamental untuk Menilai Kewajaran Harga Saham dan Keputusan Investasi dengan Menggunakan Metode Pendekatan Price Earning Ratio (Studi pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang te

Mulyanto, Fonda Agustina (2016) Analisis Fundamental untuk Menilai Kewajaran Harga Saham dan Keputusan Investasi dengan Menggunakan Metode Pendekatan Price Earning Ratio (Studi pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang te. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Modal digunakan untuk pengembangan suatu perusahaan. Modal bisa didapat dari investor yang melakukan investasi di pasar modal bertujuan mendapatkan capital gain. Analisis fundamental adalah analisis yang memperkirakan harga saham di masa yang akan datang dengan cara mengestimasikan nilai faktor-faktor fundamental yang mempengaruhi harga saham di masa akan datang yang meliputi ROE, EPS, DPS, DPR, dan PER. Banyaknya perusahaan di sektor industri dasar dan kimia, serta data laba rugi yang menunjukkan penurunan sehingga perlu adanya analisis dan metode yang sesuai untuk menentukan keputusan investasi. Mengetahui kewajaran harga saham di sektor perusahaan industri dasar dan kimia dengan menggunakan analisis fundamental dengan pendekatan serta mengetahui keputusan investasi yang akan diambil. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini menggunakan perusahaan di sektor industri dasar dan kimia yang listing di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2012-2014. Fokus penelitian ini adalah nilai kewajaran harga saham dan keputusan Investasi. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan kriteria yang ditentukan maka ada 8 perusahaan yang dijadikan sampel diantaranya PT. Charoen Pokphand Indonesia, Tbk, PT. Ekadharma International, Tbk, PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk, PT. Keramika Indonesia Assosiasi, Tbk, PT. Holcim Indonesia, Tbk, PT. Semen Indonesia, Tbk, PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia, Tbk, PT. Surya Toto Indonesia, Tbk. Hasil Penelitian ini menunjukkan terdapat 7 perusahaan yang harga sahamnya berada pada kondisi undervalued,yang terdiri dari 4 perusahaan dapat mengambil keputusan menahan saham dan 3 perusahaan sebaiknya membeli saham tersebut. Perusahaan yang berada dalam kondisi overvalued adalah PT. Surya Toto Indonesia, Tbk sehingga keputusan yang dapat diambil adalah menjual saham. Nilai intrinsik digunakan sebagai estimasi untuk menentukan keputusan investasi. Investor sebaiknya tidak hanya mengandalkan analisis berdasarkan laporan keuangan perusahaan namun juga memahami kondisi perekonomian dan kondisi perusahaan untuk mengurangi risiko dalam berinvestasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/398/051606923
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Aug 2016 13:48
Last Modified: 22 Nov 2021 06:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118715
[thumbnail of SOFTCOPY_SKRIPSI+FOTO.pdf]
Preview
Text
SOFTCOPY_SKRIPSI+FOTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item