Penerapan Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Daya Tanggap Layanan Publik (Studi Kasus Penerapan Sistem Mobile LAPOR di Kota Bandung)

Firmandani, BagusAdityaNur (2016) Penerapan Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Daya Tanggap Layanan Publik (Studi Kasus Penerapan Sistem Mobile LAPOR di Kota Bandung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknologi informasi memegang peranan penting dalam meningkatkan layanan masyarakat. Penelitian ini mengkaji bagaimana penerapan teknologi informasi melalui sistem mobile LAPOR untuk meningkatkan daya tanggap pemerintah di kota Bandung. Ada tiga tujuan dari penelitian ini. Pertama, mengetahui, mendiskripsikan dan menganalisis penerapan teknologi informasi untuk meningkatkan daya tanggap layanan publik melalui sistem mobile LAPOR di kota Bandung. Kedua mengetahui dan menganalisis efektivitas penerapan teknologi informasi untuk meningkatkan daya tanggap layanan publik melalui sistem mobile LAPOR di kota Bandung. Ketiga mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penerapan teknologi informasi untuk meningkatkan daya tanggap layanan publik melalui sistem mobile LAPOR di kota Bandung. Penelitian ini menggunakan studi kasus tunggal dengan menempatkan sebuah kasus penerapan sistem mobile LAPOR di kota Bandung sebagai fokus penelitian. Lokasi penelitian Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Bandung. Informan penelitian Kepala UPT Pengaduan Masyarakat, Kepala Bidang Telematika, admin sistem mobile LAPOR, Kasie sarpras telematika, kelompok masyarakat pengguna sistem mobile LAPOR, dan Masyarakat kota Bandung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem mobile LAPOR telah meningkatkan daya tanggap pemerintah kota Bandung dalam pelayanan masyarakat. Ini ditandai dengan meningkatnya aspirasi maupun pengaduan melalui sistem ini. Namun demikian, sistem ini nampaknya belum bisa menjangkau secara luas masyarakat di kota Bandung. Khususnya masyarakat yang tidak bisa mengakses internet. Kedepan pemerintah seharusnya mengembangkan berbagai progam untuk meningkatkan cakupan sistem mobile LAPOR ini sehingga dapat digunakan oleh masyarakat secara luas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/381/ 051606412
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Jul 2016 09:49
Last Modified: 26 Jul 2016 09:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118697
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item