Strategi Pengelolaan Pariwisata Pantai Pulau Merah Dan Kontribusi Terhadap Pendapatan Asli Daerah (Studi Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi)

Putri, LennyErricha (2016) Strategi Pengelolaan Pariwisata Pantai Pulau Merah Dan Kontribusi Terhadap Pendapatan Asli Daerah (Studi Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pantai Pulau Merah adalah salah satu objek pariwisata unggulan di Kabupaten Banyuwangi. Melihat potensi tersebut, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mencoba mengekploitasi keindahan Pantai Pulau Merah dengan baik. Fokus dari penelitian ini adalah strategi pengelolaan pariwisata pantai Pulau Merah dan kontribusi terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam strategi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif, lokasi pada penelitian ini adalah Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi. Metode analisis interaktif data meliputi tiga komponen yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi telah menerapkan beberapa strategi dalam pengeloaan Pantai Pulau Merah antara lain melaui kegiatan penyediaan RIPPDA, penyediaan program atau kegiatan sesuai dengan ketersediaan anggaran, pengoptimalisasian promosi pariwisata, dan pengembangan sumber daya. Sedangkan untuk dukungan regulasi serta kemitraan dengan swasta belum dilakukan mengingat Pantai Pulau Merah merupakan bagian dari Tanan Nasioanal Merubetiri dan otoritasnya adalah milik perhutani, dan untuk kemitraan hanya dilakukan antara pemerintah kabupaten, dengan perhutani, dan desa saja, sehingga dalam pemenuhan kebutuhan mengenai sarana dan prasarana pariwisata masih kurang. Untuk kontribusi terhadap PAD Kabupaten Banyuwangi sebesar 0,13 %pada tahun 2015. Faktor pendukung lokasi Pantai Pulau Merah, objek wisata alam, keramahan masyarakat setempat. Faktor penghambatnya Pantai Pulau Merah bukan otoritas Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, faktor alam yang sulit ditebak, pengelolaan objek Tumpang Pitu, kualitas SDM. Dari hasil penelitian, ada saran yang dapat diberikan oleh peneliti antara lain diadakannya kerjasama dengan swasta, penambahan personil kebersihan, penambahan pekerja pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dan kerjasama antar Pemerintah Kabupaten dengan pengelola objek Tumpang Pitu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/380/ 051606411
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Jul 2016 10:07
Last Modified: 26 Jul 2016 10:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118696
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item