Kemitraan Pemerintah Desa Dan Sektor Swasta Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (Studi Di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu)

Kurniawan, Hendri (2016) Kemitraan Pemerintah Desa Dan Sektor Swasta Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (Studi Di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Desa merupakan wilayah administratif pemerintahan terrendah dalam struktur pemerintahan di Indonesia yang posisinya langsung bersentuhan dengan masyarakat. Mulai berlakunya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, memberikan ruang gerak yang lebih banyak untuk desa dalam mengatur rumah tangganya sendiri, termasuk dalam pelaksanaan kemitraan dengan pihak ketiga. Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu adalah desa otonom yang sudah melaksanakan kemitraan dengan pihak ketiga yakni sektor swasta sebagai tujuan untuk meningkatkan pendapatan asli desa. Dana yang dihasilkan melalui kemitraan tersebut digunakan sebagai dana operasional desa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh fokus penelitian yaitu: (1) kemitraan antara pemerintah desa dengan sektor swasta, dan (2) faktor pendorong dan penghambat dalam kemitraan yang dijalankan. Sedangkan analisa data yang digunakan adalah analisa data dari Ian Dey yaitu qualitative analysis as a circular process meliputi : describing, classifying, dan connecting. Hasil dari penelitian menunjukkan, kemitraan yang terjalin antara pemerintah desa dengan sektor swasta dalam meningkatkan pendapatan asli desa, adalah: (1) kemitraan pemerintah desa dengan PT. Selecta, (2) penyewaan tanah bondo desa, serta (3) pendapatan desa lainnya. Kemudian faktor yang menjadi kekuatan dalam kemitraan adalah kondisi geografis desa dan tertib administrasi pemerintah desa, faktor kelemahannya terletak pada peraturan sebagai dasar dari kemitraan, peluang yang muncul dari kemitraan adalah memberikan pemasukan bagi pendapatan desa serta kesempatan kerja yang luas bagi masyarakat setempat, dan tantangan yang dihadapi dalam proses kemitraan ini adalah keseimbangan lingkungan akibat aktivitas yang akan menjadi padat karena aktivitas dari wisatawan yang menikmati wisata Desa Tulungrejo. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa pendapatan asli Desa Tulungrejo berasal dari berbagai macam pemasukan, namun royalti atas pelaksanaan kemitraan pemerintah desa dengan sektor swasta memberikan kontribusi yang sangat banyak dalam rangka peningkatan pendapatan asli desa.

English Abstract

Village is the lowest government administrative region in the Indonesian Government structure whose position is directly in contact with the public. The new constitution, Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, providing more space for the village to regulate their own household, including the implementation of cooperation with third parties. Tulungrejo Village is an autonomous village that has been carrying out in cooperation with a third party that is the private sector as a goal to increase local revenue. Funds generated through such cooperation is used as the operational funds of the village. This type of research is a descriptive study using a qualitative approach and is limited by the focus of the research are: (1) cooperation between local government with the private sector, and (2) the supporting and resistor factors in cooperation executed. While data analysis used is the analysis of data from Ian Dey ie qualitative analysis as a circular process include: describing, classifying, and connecting. Results of the study showed, the cooperation between Tulungrejo government with the private sector to increasing local revenue, are: (1) The local government cooperation with PT. Selecta, and (2) rent a tanah bondo desa. Then factor into force in cooperation is the geographical conditions of the village and the orderly administration of the village government, resistor factors in the rules as the basis of cooperation. The conclusion of this study is that the revenue Tulungrejo derived from a variety of revenue, but the royalties on the implementation of local government cooperation with the private sector to contribute very much in order to increase local revenue.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/38/ 051602269
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 06 Apr 2016 13:48
Last Modified: 06 Apr 2016 13:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118695
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item