Evaluasi Kinerja Sistem Informasi Manajamen Kepegawaian (SIMPEG) Dalam Meningkatkan Pengelolaan Pegawai (Studi pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang)

Astutik, SitiSri (2016) Evaluasi Kinerja Sistem Informasi Manajamen Kepegawaian (SIMPEG) Dalam Meningkatkan Pengelolaan Pegawai (Studi pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan jaman yang semakin pesat dan dibarengi dengan teknologi dengan teknologi informasi yang semakin canggih sehingga membuat perubahan terhadap aktifitas maupun pola pikir manusia. Perubahan tersebut terjadi di setiap aspek kehidupan manusia termasuk di bidang pemerintahan. Dengan diberlakukannya UU No.32/2004 (diperbarui dengan UU No.32/2014) tentang Pemerintahan Daerah dan UU No.43/1999 tentang perubahan atas Undang-Undang tentang pokok-pokok kepegawaian khususnya pasal 34 ayat (2), pemerintah merasa perlu adanya penyelenggaraan dan pemeliharaan informasi kepegawaian. Hal ini kemudian pemerintah mendukung kebijaksanaan tersebut dengan mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis kinerja SIMPEG dalam meningkatkan pengelolaan pegawai di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah BKD Kota Malang, sedangkan situs penelitiannya adalah ruang pegawai di beberapa bidang-bidang yang ada di BKD. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakn analisis model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan/verifikasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa kinerja SIMPEG dalam pelaksanaannya didukung dengan adanya; (1) Fasilitas Pendukung; (2) Aplikasi-aplikasi dalam SIMPEG; (3) Sumber daya manusia; (4) Pelatihan pegawai; (5) Pelaksanaan prosedur dengan melakukan evaluasi kinerja SIMPEG melalui input, proses dan output. Saran dari penelitian ini adalah; (1) Melakukan sosialisasi kepada semua pihak yang terlibat; (2) mengadakan evaluasi dengan membuat SOP; (3) Menyediakan tambahan server.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/373/ 051606404
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Jul 2016 14:39
Last Modified: 25 Jul 2016 14:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118687
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item