Pengaruh Profitabilitas dan Leverage terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Kontruksi dan Bangunan yang Terdaftar di BEI Periode 2011-2014)

Ariyanti, Sari (2016) Pengaruh Profitabilitas dan Leverage terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Kontruksi dan Bangunan yang Terdaftar di BEI Periode 2011-2014). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Investor akan melakukan berbagai analisis untuk mendapatkan informasi apakah perusahaan mampu memberikan kompensasi dari investasi yang mereka tanamkan. Salah satunya adalah dengan analisis fundamental, analisis tersebut dapat diukur dengan rasio keuangan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari profitabilitas dan leverage terhadap harga saham. Dalam penelitian ini rasio yang digunakan untuk menilai kinerja perusahaan adalah ROE, EPS, DR dan DER. ROE dan EPS merupakan rasio profitabilitas sedangkan DR dan DER merupakan rasio leverage. Objek dalam penelitian ini adalah Perusahaan Kontruksi dan Bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya Malang. Populasi yang digunakan berjumlah 9 perusahaan, kemudian penentuan sampel ditetapkan melalui teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka diperoleh sampel sebanyak 6 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel ROE, EPS, DR dan DER berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham. Secara parsial, EPS merupakan variabel yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham, sedangkan variabel ROE, DR dan DER secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap harga saham. Hasil penelitian ini mengidentifikasikan bahwa investor perlu memperhitungkan besar kecilnya nilai EPS, karena besar kecilnya EPS mempengaruhi perubahan harga saham di pasar modal. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan harus memperhatikan dan menjaga nilai variabel EPS, karena variabel EPS berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/368/ 051606399
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Jul 2016 09:39
Last Modified: 26 Jul 2016 09:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118681
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item