Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai Sarana Edukasi dan Rekreasi bagi Masyarakat (Studi pada TBM Wacan, Desa Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang)

Budiarti, Erlis (2016) Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai Sarana Edukasi dan Rekreasi bagi Masyarakat (Studi pada TBM Wacan, Desa Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Taman Bacaan Masyarakat (TBM) adalah salah satu lembaga yang berupaya untuk memenuhi kebutuhan informasi dan sebagai penyelenggara pendidikan nonformal bagi masyarakat. Upaya yang dilakukan untuk mewujudkan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai lembaga yang memenuhi kebutuhan informasi dan penyelenggara pendidikan nonformal maka Taman Bacaan Masyarakat (TBM) melakukan suatu pengembangan. Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) ini disesuaikan kondisi masyarakat sekitar Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Salah satu Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang menerapkan suatu pengembangan adalah TBM Wacan, yang melakukan pengembangan TBM sebagai sarana edukasi dan rekreasi bagi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendiskripsikan, dan menganalisis pengembangan TBM sebagai sarana edukasi dan rekreasi bagi masyarakat, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan TBM Wacan sebagai sarana edukasi dan rekreasi bagi masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan analisis model interaktif, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengembangan TBM Wacan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat dilakukan melalui pengembangan koleksi yang bersifat edukatif, pengembangan masyarakat pemakai yang dilakukan melalui pembimbingan dan peningkatan kemampuan baca dan penyelenggaraan kegiatan yang bersifat edukatif. Sedangkan pengembangan TBM Wacan sebagai sarana rekreasi bagi masyarakat diwujudkan dalam bentuk pengembangan koleksi yang bersifat rekreatif dan pengembangan masyarakat pemakai dengan mengembangkan jenis layanan yang dilakukan melalui penyelenggaraan yang bersifat rekreatif. Pengembangan TBM sebagai sarana edukasi dan rekreasi bagi masyarakat pun terdapat faktor yang mempengaruhi. Faktor pendukung pada pengembangan TBM sebagai sarana edukasi dan rekreasi bagi masyarakat ini adalah keberadaan volunteer Taman Bacaan Masyarakat (TBM), dukungan dari pihak RT, bantuan dari pihak lain, kemitraan, dan sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambat pengembangan TBM sebagai sarana edukasi dan rekreasi bagi masyarakat ini adalah pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM), pendanaan, pendataan administratif, dan sistem layanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/359/ 051606390
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Jul 2016 08:40
Last Modified: 26 Jul 2016 08:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118671
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item