Kemitraan Pemerintah dan Swasta dalam Pengembangan Ecogreentourism Beejay Bakau Resort Sebagai Upaya Pengembangan Ekonomi Lokal (Studi pada Pemerintah Kota Probolinggo)

Caesar, DhiseFreesilia (2016) Kemitraan Pemerintah dan Swasta dalam Pengembangan Ecogreentourism Beejay Bakau Resort Sebagai Upaya Pengembangan Ekonomi Lokal (Studi pada Pemerintah Kota Probolinggo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Potensi hutan mangrove di Kota Probolinggo menawarkan daya tarik tersendiri. Adanya fungsi ekonomis dan estetika yang terdapat pada hutan mangrove menjadikan hutan mangrove mempunyai nilai yang berbeda dengan tumbuhan lainnya. Hal inilah yang menjadikan pemerintah Kota Probolinggo berinisiatif untuk membangun sebuah tempat pariwisata di Kota Probolinggo. Pemerintah Kota Probolinggo mengadakan kerjasama dengan pihak swasta karena terbatasnya sumber pembiayaan pemerintah. BeeJay Bakau Resort merupakan sebuah ekowisata mangrove di Kota Probolinggo yang dilengkapi berbagai fasilitas menarik. Dalam pengembangan dan pemanfaatannya, pihak pemerintah kota Probolinggo mengadakan kerjasama dengan pihak swasta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kerjasama pemerintah kota Probolinggo dengan pihak investor BeeJay Bakau Resort dalam mengembangkan perekonomian lokal di kota Probolinggo. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Lokasi pada penelitian ini adalah Beejay Bakau Resort, Sedangkan situs penelitian adalah Pemerintah Kota Probolinggo bagian pemerintahan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Kota Probolinggo. Metode analisis data yang digunakan penulis adalah metode analisis interaktif data yang meliputi tiga komponen yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kerjasama antara pemerintah Kota Probolinggo dengan Pihak investor BeeJay Bakau Resort merupakan sebuah strategi untuk mengoptimalkan potensi sumber daya alam mangrove di Kota Probolinggo. Selain itu, tujuan utama adanya kerjasama pemerintah swasta ini adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat kota Probolinggo. Dalam kerjasama ini, kedua belah pihak menggunakan sistem kerjasama bangun guna serah dengan masa perjanjian tiga puluh tahun. Dampak dari adanya kerjasama ini yaitu laju pertumbuhan ekonomi di Kota Probolinggo meningkat dan dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat lokal. Dari hasil penelitian, terdapat beberapa saran yang dapat diberikan oleh peneliti yaitu dibutuhkan peran aktif masyarakat untuk bersama-sama melestarikan hutan mangrove yang berada di kawasan ekowisata BeeJay Bakau Resort. Selain itu, dibutuhkan adanya upaya promosi yang dilakukan kedua belah pihak untuk menarik wisatawan lokal maupun luar daerah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/357/ 051605952
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Jul 2016 13:57
Last Modified: 25 Jul 2016 13:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118669
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item