Penerapan Prinsip Good Corporate Governance di Badan Usaha Milik Daerah (Studi pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Malang)

Lutfiana, HildaAmelia (2016) Penerapan Prinsip Good Corporate Governance di Badan Usaha Milik Daerah (Studi pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada era globalisasi ini perusahaan pemerintah dituntut untuk menerapkan Good Corporate Governance (GCG) dalam rangka untuk menggiring perusahaan melaksanakan kinerja yang lebih baik dan berkelanjutan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Prinsip-prinsip GCG antara lain meliputi transparansi, kemandirian, akuntabilitas, pertanggungjawaban dan kewajaran. Pemerintah daerah yang merupakan representasi pemerintah di tingkat daerah mempunyai hak untuk mengelola badan usaha secara mandiri yaitu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) merupakan BUMD yang berwewenang untuk pengelolaan air sebagai kebutuhan masyarakat, dalam hal ini Pemerintah Kota Malang menyerahkan pengelolannya kepada PDAM Kota Malang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah PDAM Kota Malang telah menerapkan prinsip-prinsip GCG. Jenis penilitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan analisa data model interaktif. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan prinsip GCG di PDAM Kota Malang meliputi prinsip transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, dan kewajaran serta faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan prinsip GCG di PDAM Kota Malang. Hasil penelitian ini menunjukan PDAM Kota Malang telah menerapkan prinsip GCG sesuai dengan peraturan yang berlaku untuk meningkatkan kinerja perusahaan menjadi lebih baik serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. PDAM Kota Malang dalam menjalankan perusahaan mendapat dukungan dari pemerintah dengan diberi bantuan dana hibah untuk mengurangi tingkat kehilangan air. Namun juga terdapat faktor penghambat dalam perusahaan seperti kendala teknis yang dihadapi saat memberikan pelayanan kepada pelanggan. Saran yang dapat diberikan kepada PDAM Kota Malang yaitu PDAM Kota Malang perlu membuat kerangka GCG serta mensosialisasikan nilai budaya perusahaan yang mencerminkan GCG kepada para stakeholders agar perusahaan bisa berjalan dengan sistem korporasi yang sehat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/343/ 051605938
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Jul 2016 13:09
Last Modified: 25 Jul 2016 13:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118654
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item