Implementasi Kebijakan dalam Mengatasi Limbah Industri PG. Djombang Baru (Studi Kasus Pada Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang),

Sambodo, GhandiSetyo (2016) Implementasi Kebijakan dalam Mengatasi Limbah Industri PG. Djombang Baru (Studi Kasus Pada Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industrialisasi merupakan salah satu tahap perkembangan ekonomi yang dianggap penting untuk dapat mempercepat kemajuan ekonomi suatu bangsa. kemajuan pembangunan industri sangatlah berperan penting guna mewujudkan demokrasi ekonomi. namun pembangunan industri dimana pun akan menimbulkan dampak karena sistem pengelolaannya yang dapat merusak lingkungan. Hal ini disebabkan karena dalam kegiatan industri selain menghasilkan produk sesuai dengan yang direncanakan juga menghasilkan produk lain yang tidak di kehendaki yaitu berupa limbah industri, limbah inilah yang selalu menjadi masalah karena berdampak pada menurunnya kualitas kehidupan terutama pada lingkungan disekitarnya. Sejalan dengan permasalahan yang terjadi pada sekitar PG Djombang Baru, diketahui bahwa pengelolaan dari limbah pabrik tersebut dirasa kurang mendapatkan penanganan yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah Pertama Mengetahui dan Menganalisis implementasi kebijakan BLH Kabupaten Jombang dalam mengatasi limbah Industri PG Djombang Baru. Kedua Mengetahui dan Menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi kebijakan BLH Kabupaten Jombang dalam mengatasi limbah Industri PG Djombang Baru. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Peraturan Daerah yang dimiliki Kabupaten Jombang terkait pencegahan kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh kegiatan industri khususnya PG. Djombang Baru memang sudah diterapkan dan telah dilaksanakan. akan tetapi, beberapa program yang merupakan isi dari perda tersebut belum diterapkan dengan maksimal oleh BLH Kabupaten Jombang dan belum sepenuhnya dijalankan oleh pihak PG. Djombang Baru. Pada Penelitian ini saran yang diberikan oleh penulis adalah BLH Kabupaten Jombang diharapkan lebih mengoptimalkan program-program terutama dalam hal monitoring pabrik dan tempat pembuangan limbah PG. Djombang Baru. hal ini belum terlaksana secara baik oleh pihak BLH Kabupaten Jombang. Terlihat dari masih adanya pencemaran-pencemaran yang ada di sungai maupun udara. Karena secara langsung maupun tidak langsung lingkungan memiliki hubungan yang sangat erat dan penting dengan manusia maupun makhluk hidup lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/341/ 051605936
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Jul 2016 11:40
Last Modified: 25 Jul 2016 11:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118652
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item