Ekstensifikasi Perpajakan Dalam Rangka Meningkatkan Penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singosari),

Oktavia, EtiNur (2016) Ekstensifikasi Perpajakan Dalam Rangka Meningkatkan Penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singosari),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ekstensifikasi Perpajakan merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan penerimaan pajak yang setiap tahunnya selalu mengalami kenaikan dengan cara pemberian NPWP dan/atau pengukuhan Pengusaha Kena Pajak. Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singosari melaksanakan Ekstensifikasi Perpajakan sejak tahun 2007. Ekstensifikasi perpajakan merupakan salah satu komponen dari tugas dan fungsi dari seksi Ekstensifikasi dan penyuluhan. Seksi Ekstensifikasi dan penyuluhan itu sendiri merupakan bagian terdepan dalam suatu KPP. Ekstensifikasi Perpajakan yang dilakukan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singosari dilakukan berdasarkan dengan peraturan serta ketentuan yang telah berlaku mengenai ekstensifikasi. Terdapat tiga cara Ekstensifikasi yang dilakukan oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singosari diaantaranya yaitu: Mendatangi wajib pajak ke lokasi wajib pajak, Melalui pemberi kerja atau bendaharawan pemerintah, Mengirimkan Surat Imbauan kepada wajib pajak. Dalam meningkatkan penerimaan Pajak Penghasilian Orang pribadi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singosari melakukan Ekstensifikasi dengan berbagai cara diantaranya yaitu melakukan peningkatan jumlah wajib pajak, kemudian meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Terdapat beberapa faktor pendorong dan penghambat. Faktor pendorong kegiatan ekstensifikasi diantaranya yaitu ketersediannya fasilitas yang disediakan DJP. faktor pengambat dalam pelaksanaan Ekstensifikasi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singosari adalah Data Sasaran Ekstensifikasi yang terbatas, Selain itu kurangnya Sumber daya manusia (SDM). Jumlah wajib pajak orang pribadi terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singosari selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya dimulai dari tahun 2012 hingga tahun 2015. Oleh karena itu diperlukan adanya pengoptimalan kegiatan Ekstensifikasi untuk meningkatkan jumlah wajib pajak dengan cara mendatangi wajib pajak dilokasi wajib pajak berada diharapkan lebih memaksimalkan penambahan wajib pajak yang lebih memiliki potensi dalam meningktkan penerimaan pajak serta menyamakan pemahaman peraturan yang berlaku antar pegawai dalam melakukan pemberian sosialisasi ke wajib pajak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/337/051605932
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Jul 2016 14:53
Last Modified: 22 Jul 2016 14:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118647
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item