Pengaruh Inflasi dan Nilai Tukar terhadap Ekspor Indonesia Komoditi Tekstil dan Elektronika ke Korea Selatan (Studi Sebelum dan Setelah Pemberlakuan ASEAN Korea Free Trade Agreement Tahun 2011),

Putri, RAyFaniArning (2016) Pengaruh Inflasi dan Nilai Tukar terhadap Ekspor Indonesia Komoditi Tekstil dan Elektronika ke Korea Selatan (Studi Sebelum dan Setelah Pemberlakuan ASEAN Korea Free Trade Agreement Tahun 2011),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh inflasi dan nilai tukar secara simultan terhadap ekspor Indonesia komoditi tekstil ke Korea Selatan sebelum dan setelah pemberlakuan AKFTA tahun 2011; (2) Pengaruh inflasi dan nilai tukar secara parsial terhadap ekspor Indonesia komoditi tekstil ke Korea Selatan sebelum dan setelah pemberlakuan AKFTA tahun 2011; (3) Pengaruh inflasi dan nilai tukar secara simultan terhadap ekspor Indonesia komoditi elektronika ke Korea Selatan sebelum dan setelah pemberlakuan AKFTA tahun 2011; (4) Pengaruh inflasi dan nilai tukar secara parsial terhadap ekspor Indonesia komoditi elektronika ke Korea Selatan sebelum dan setelah pemberlakuan AKFTA tahun 2011. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan data time series dari inflasi, nilai tukar, dan ekspor Indonesia komoditi tekstil dan elektronika ke Korea Selatan. Sebanyak 36 data variabel periode Januari 2009-Desember 2011 dan 36 data variabel periode Januari 2012-Desember 2014 dijadikan sampel penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel yang terdiri dari inflasi dan nilai tukar: (1) Secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap ekspor Indonesia komoditi tekstil ke Korea Selatan sebelum dan setelah pemberlakuan AKFTA tahun 2011; (2) Secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap ekspor Indonesia komoditi tekstil ke Korea Selatan sebelum dan setelah pemberlakuan AKFTA tahun 2011; (3) Secara simultan berpengaruh signifikan terhadap ekspor Indonesia komoditi elektronika ke Korea Selatan sebelum pemberlakuan AKFTA tahun 2011 dan tidak berpengaruh signifikan terhadap ekspor Indonesia komoditi elektronika ke Korea Selatan setelah pemberlakuan AKFTA tahun 2011; (4) Secara parsial berpengaruh signifikan terhadap ekspor Indonesia komoditi elektronika ke Korea Selatan sebelum pemberlakuan AKFTA tahun 2011 dan tidak berpengaruh signifikan terhadap ekspor Indonesia komoditi elektronika ke Korea Selatan setelah pemberlakuan AKFTA tahun 2011. Berdasarkan hasil penelitian, pemerintah diharapkan dapat mempertimbangkan hasil penelitian tidak hanya untuk menyusun kebijakan perekonomian namun juga untuk mengevaluasi perjanjian perdagangan. Eksportir diharapkan tetap mempertimbangkan faktor makroekonomi walaupun skema pembebasan tarif telah diberlakukan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/334/051605929
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Jul 2016 11:01
Last Modified: 22 Jul 2016 11:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118644
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item