Analisis Strategi Dalam Memasuki Pasar Internasional (Studi Kasus Pada Pt. Telekomunikasi Indonesia Dalam Ekspansi Di Myanmar)

Charity, DinaSetio (2016) Analisis Strategi Dalam Memasuki Pasar Internasional (Studi Kasus Pada Pt. Telekomunikasi Indonesia Dalam Ekspansi Di Myanmar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Telekomunikasi Indonesia merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Visi yang dimiliki perusahaan adalah menjadi pemimpin pemain TIMES di kawasan regional, dan dapat dipenuhi dengan cara melakukan ekspansi. Perusahaan mulai berekspansi sejak tahun 2011 dan 2012 di Myanmar. Sebuah perusahaan harus memiliki strategi yang tepat dalam memasuki pasar internasional untuk memperluas pasar di Myanmar dan mampu bersaing di Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah (1)Mengetahui strategi yang diterapkan oleh PT Telekomunikasi Indonesia dalam memasuki pasar internasional(2)Mengetahui kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluangPT Telekomunikasi Indonesiadalam memasuki pasar internasional(3) Menganalisis strategi yang tepat digunakan oleh PT Telekomunikasi Indonesia untuk memasuki pasar internasional. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode analisis yang dipergunakan adalah analisis SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunities, dan Threats), dengan matriks EFAS, IFAS, IE dan matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Telekomunikasi Indonesia menggunakan strategi berkembang. Melalui analisis SWOT dengan matriks IFAS diketahui bahwa kekuatan perusahaan dibidang keuangan, sedangkan kelemahan terbesar perusahaan adalah kurangnya pengalaman dalam melakukan ekspansi. Melalui analisis SWOT dengan matriks EFAS diketahui bahwa peluang terbesar perusahaan adalahMyanmar sebagai daerah Greenfield, sedangkan ancaman terbesar perusahaan adalah pesaing dari 12 negara lain. Alternatif strategi yang dapat dijadikan sebagai strategi utama berdasarkan analisis IE adalah strategi pertumbuhan terkonsentrasi horizontal dengan melakukan akuisisi atau joint venture, didukung strategi dari analisis SWOT yaitu segmen pasar diperluas, melakukan kerjasama dengan perusahaan sejenis, melakukan strategi bersaing, melakukan riset pasar untuk memperluas bisnis, membangun perusahaan cabang di Myanmar, mempertahankan kualitas teknologi jaringan, mengembangkan infrastruktur pendukung, melakukan pelatihan bahasa inggris untuk pekerja asal Myanmar, mengasuransikan aset perusahaan dan menghindari daerah rawan konflik dan demonstrasi, dan memanfaatkan SDM untuk menganalisis aturan hukum yang berbeda. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu strategi yang telah diterapkan PT Telekomunikasi Indonesia sudah sesuai dengan melakukan strategi berkembang, akan tetapi untuk mendukung kegiatan ekspansi di Myanmar perusahaan perlu melakukan beberapa alternatif strategi yang dirumuskan berdasarkan visi, misi, analisis internal, dan analisis eksternal.

English Abstract

PT Telekomunikasi Indonesia is one of the largest telecommunications company in Indonesia. The company’s vision is to become the leading TIMES player in the region, that can be aceived with expand abroad. The company start to expand since 2011 and 2012 in Myanmar. A company need to have the right strategy in entering International market in order to expand market in Myanmar and be able compete in ASEAN Economic Comunity (AEC) 2016. The purpose of this study are (1) To figure out strategy applied by PT Telekomunikasi Indonesia in order to entering the international market (2) To figure out the strengths, weaknesses, threats and opportunities factor of PT Telkom Indonesia in entering the international market (3) To analyze the appropriate strategy used by PT Telkom Indonesia to enter the international market. This type of research is descriptive qualitative approach. The analytical method used is SWOT analysis (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, and Threats), with the analysis of EFAS, IFAS, IE and SWOT matrix. The results showed that PT Telkom Indonesia using the developing strategy. Through SWOT analysis with IFAS matrix is known that the strength of the company is the financial sector, while the companys biggest weakness is the lack of experience in the expansion. Through SWOT analysis with EFAS matrix is known that the company is the biggest opportunity Myanmar as a Greenfield area, while the biggest threat is the companys competitors from 12 other countries. Alternative strategies that can be used by PT Telekomunikasi Indonesiaas the main strategy based on analysis of IE is a horizontal concentrated growth strategy with acquisitions or joint ventures, supported with strategy of the SWOT analysis there are to expand market segment, cooperating with similar companies, to do competitive strategy, conduct market research to expand the business, establish a branch company in Myanmar, maintain the quality of network technologies, developing supporting infrastructure, English training for workers from Myanmar, insuring assets the company and avoid areas prone to conflict and demonstrations, and Utilizing human resources to analyze the different legal rules. The conclusion of this study that the company strategies that have been applied are already accordance with pursuing a strategy of developing, but to support the companys expansion activities in Myanmar it need to do some alternative strategies that have been formulated based on the vision, mission, internal analysis and external analysis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/33/ 051602264
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 06 Apr 2016 14:19
Last Modified: 06 Apr 2016 14:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118639
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item