Kualitas Pelayanan Perizinan Penanaman Modal (Studi Pada Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam),

Gusparirin, Rori (2016) Kualitas Pelayanan Perizinan Penanaman Modal (Studi Pada Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penanaman modal telah menjadi bagian penting dalam mendukung pembangunan perekonomian di suatu negara. Oleh karena itu, pelayanan perizinan bagi investor yang ingin menanam modal merupakan hal yang penting. Namun, penyelenggaraan pelayanan publik masih mendapat banyak keluhan seperti membutuhkan waktu lama, biaya tidak jelas dan prosedur yang berbelit-belit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana kualitas pelayanan perizinan penanaman modal pada Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) dan menganalisa dimensi kualitas pelayanan yang menentukan kualitas pelayanan perizinan penanaman modal pada Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam). Penelitian ini ingin melihat persepsi pengusaha terhadap kualitas pelayanan perizinan penanaman modal yang diberikan oleh BP Batam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada pengguna layanan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna layanan perizinan penanaman modal di BP Batam. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel berjumlah 100 orang. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis Korelasi Product Moment. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas pelayanan perizinan penanaman modal pada BP Batam sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari dimensi Tangible, Responsiveness, Assurance, Emphaty yang memperoleh skor tinggi, namun perlu ditingkatkan kembali pada dimensi Reliability. Berdasarkan analisis korelasi, seluruh dimensi kualitas pelayanan berhubungan dengan kualitas pelayanan. Peningkatan pada tiap-tiap dimensi berhubungan dengan peningkatan kualitas pelayanan perizinan penanaman modal di BP Batam. Saran dari penelitian ini adalah BP Batam perlu meningkatkan dan memperbaiki kembali kualitas pelayanannya terutama pada dimensi Reliability mengenai kemudahan memperoleh syarat pengajuan perizinan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/318/051605725
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Jul 2016 14:12
Last Modified: 21 Jul 2016 14:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118626
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item