Implementasi Program Pengembanganjaringan Sistem Informasi Data Profil Desa/Kelurahan (Studi Pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Pati)

Kartikaningtyas, Sari (2016) Implementasi Program Pengembanganjaringan Sistem Informasi Data Profil Desa/Kelurahan (Studi Pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Pati). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan dalam pembangunan yang berkaitan dengan data dan informasi salah satunya adalah belum tersedia dan belum akuratnya data dan informasi yang ada di tingkat desa. Upaya yang dilakukan pemerintah melalui RPJMN 2015-2019 adalah dengan merumuskan agar pemerintah kabupaten/kota mendukung penyediaan data dan informasi desa serta mengembangkan sistem informasi desa. Pemerintah Kabupaten Pati dalam hal ini memberikan dukungan melalui pengembangan jaringan sistem informasi data profil desa/kelurahan yang dilaksanakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Berdasarkan pemahaman diatas penelitian ini mendialogkan permasalahan yang ada di lapangan dengan menggunakan implementasi program, data dan informasi, sistem informasi, database dan electronic government. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian berada di Kabupaten Pati dengan situs di Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta tiga desa yang dipilih menjadi situs penelitian. Penelitian ini dilakukan melalui wawancara,dan dokumentasi. Model analisis data yang digunakan adalah model analisis data interaktif dari Miles Huberman dan Saldana, yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program pengembangan jaringan sistem informasi data profil desa/ kelurahan di Kabupaten Pati belum berjalan maksimal. Desa yang menjadi pilot project dari program ini masih banyak yang belum mengentry data profil desanya kedalam sistem informasi prodeskel. Sehingga, data profil desa di Kabupaten Pati masih belum tersedia dan belum akurat. Faktor yang mempengaruhi Pemerintah Kabupaten Pati untuk menerapkan program ini terdiri dari dua faktor yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern yaitu adanya permasalahan belum optimalnya ketersediaan data dan informasi yang akurat di Kabupaten Pati. Faktor ekstern yaitu adanya kebijakan pemerintah dan terdapatnya perkembangan teknologi informasi saat ini. Penelitian ini merekomendasikan perlunyadilakukan perencanaan program kerja yang baik agar antara program dan kegiatan saling berhubungan. Kedua, pengembangan sumber daya manusia di tingkat pemerintahan desa terutama untuk kemampuan dan pengetahuan di bidang teknologi informasi. Selain itu dalam proses pelatihan dan bimbingan bagi perangkat desa harus dilakukan secara mendalam agar peserta pelatihan benar- benar bisa melakukan tugasnya. Perlu pula dibuatkan buku pedoman atau modul untuk memberikan kemudahan bagi perangkat desa menjalankan tugasnya terutama untuk mengentry data profil desa kedalam sistem informasi data profil desa/ kelurahan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/317/051605724
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Jul 2016 14:09
Last Modified: 21 Jul 2016 14:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118625
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item