Pengaruh Perubahan nilai tukar Yuan Tiongkok terhadap US Dollar Amerika Serikat dan Dampaknya terhadap Rupiah Indonesia (Studi pada Bloomberg dan Bank Indonesia Tahun 2012- 2015),

Mar`ah, IkaKholifatul (2016) Pengaruh Perubahan nilai tukar Yuan Tiongkok terhadap US Dollar Amerika Serikat dan Dampaknya terhadap Rupiah Indonesia (Studi pada Bloomberg dan Bank Indonesia Tahun 2012- 2015),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Secara umum kegiatan perdagangan internasional dapat dibedakan menjadi dua yaitu ekspor dan impor. Permintaan impor Indonesia cenderung meningkat dari tahun ke tahun hampir disemua kawasan perdagangan. Data badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan secara rata-rata tahun 2014 ada tujuh negara impor yang memiliki kontribusi impor yang besar ke Indonesia yiatu Singapura, jepang, malaysia, Tiongkok Korea Selatan, Amerika Serikat dan Uni Eropa. Upaya untuk mengelola dan mempengaruhi perkembangan perekonomian agar dapat berlangsung dengan baik dan stabil, pemerintah atau otoritas moneter biasanya melakukan langkah-langkah yang dikenal dengan kebijakan ekonomi makro. Inti dari kebijakan tersebut pada dasarnya adalah pengelolaan sisi permintaan dan sisi penawaran suatu perekonomian agar mengarah pada kondisi kesimbangan. Pada bulan juli ekspor Tiongkok mengalami penurunan sebesar 8,3% membuat pemerintah Tiongkok memberikan kebijakan devaluasi mata uang Yuan terhadap Dollar Amerika Serikat. Devaluasi Yuan dilakukan pada tanggal 11,12 dan 13 Agustus 2015 berkisar diantara 1-2%. Tujuan dari devaluasi Yuan tersebut untuk mendorong ekspor dan membatasi impor. Dipergunakannya US Dollar sebagai standar pembayaran dalam perdagangan internasional dapat diartikan bahwa pemerintah menjaga kurs domestik agar nilainya stabil dengan nilai tukar asing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh perubahan nilai tukar Yuan terhadap US Dollar, pengaruh perubahan nilai tukar US Dollar terhadap nilai tukar Rupiah dan perubahan nilai tukar Yuan terhadap nilai tukar Rupiah dengan menggunakan path analysis. Penelitian ini menggunakan data bulanan tahun 2012 hingga tahun 2015 dengan jumlah sampel 48 data time series untuk setiap variabel exogenous dan Endogenous. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) perubahan nilai tukar Yuan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai tukar USD; 2) perubahan nilai tukar USD berpengaruh signifikan terhadap nilai tukar Rupiah; 3) perubahan nilai tukar Yuan berpengaruh signifikan terhadap nilai tukar rupiah. Temuan dalam penelitian ini mengindentifikasi adanya informasi asimetris pada perubahan nilai tukar Yuan dan nilai tukar USD kebijakan devaluasi mata uang Yuan oleh bank sentral Tiongkok yang diprediksi terjadinya perang mata uang antar negara tidak membuat Bank Indonesia menurunkan nilai mata uangnya terhadap US Dollar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/300/051605732
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Jul 2016 12:55
Last Modified: 21 Jul 2016 12:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118607
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item