Husnia, Fitria Nur (2016) Analisis Penerapan Elektronik Pajak Bumi Dan Bangunan (E-Pbb) (Studi Pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Lamongan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pajak Bumi dan Bangunan sektor Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) merupakan salah satu bentuk desentralisasi fiskal berupa pelimpahan kewenangan pengelolaan pajak dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah. Kabupaten Lamongan melaksanakan kewenangan pengelolaan PBB-P2 sejak 1 Januari 2014. Pemerintah Kabupaten Lamongan dibantu oleh Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Lamongan dalam melaksanakan pengelolaan PBB-P2. Sebagai bentuk pelayanan PBB-P2, Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Lamongan menggunakan aplikasi Elektronik Pajak Bumi dan Bangunan (E-PBB) sejak Feberuari 2014 untuk memudahkan dalam mengelola PBB-P2. E-PBB merupakan aplikasi terintegrasi yang mencakup seluruh kegiatan pengelolaan PBB-P2, meliputi pendataan, penilaian, penetapan, penagihan, pembayaran dan pelayanan satu pintu. PBB-P2 merupakan salah satu pajak yang sangat berpotensi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pemerintah Daerah harus berusaha memaksimalkan potensi tersebut. Sejalan dengan hal tersebut, Pemerintah Daerah harus memberikan pelayanan publik yang baik bagi masyarakat. Namun di Kabupaten Lamongan masih terdapat beberapa permasalahan terkait pelayanan, antara lain ketidakpastian biaya, ketidakpastian waktu, cara pelayanan, prosedur pelayanan dan rendahnya peranan masyarakat atau stakeholder. Oleh karena itu perlu adanya perbaikan atau perubahan pelayanan publik untuk memaksimalkan potensi PBB-P2 di Kabupaten Lamongan. Berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan Nasional dan Strategi Pengembangan E-Government, Pemerintah diharapkan mampu memanfaatkan teknologi informasi untuk memberikan pelayanan publik yang efektif dan efisien. Kabupaten Lamongan merupakan kabupaten/kota pertama yang menggunakan aplikasi E-PBB di Jawa Timur. E-PBB merupakan aplikasi terintegrasi yang digunakan untuk melaksanakan pengelolaan PBB-P2. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi aplikasi Elektronik Pajak Bumi dan Bangunan (E-PBB) yang dilaksanakan oleh Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Lamongan selaku SKPD yang bervisi menjadi SKPD penghimpun Pendapatan Asli Daerah yang kredibel, berintegritas, berdedikasi, dan akuntabel dalam rangka membiayai pembangunan daerah demi kemakmuran rakyat Lamongan. Selain itu untuk menganalisis kesuksesan aplikasi E-PBB dalam pelaksanaan pengembangan E-Government di Kabupaten Lamongan. Secara umum pelaksanaan E-PBB sudah optimal, hanya saja masih perlu adanya perbaikan dalam aspek pendataan dan pembayaran. Dalam pelaksanaan pendataan dan pembayaran diperlukan adanya partisipasi aktif oleh vi wajib pajak dan ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mencukupi, agar mampu memberikan dampak yang signifikan dalam pengelolaan PBB-P2 melalui aplikasi E-PBB. E-PBB merupakan salah satu proyek E-Government yang dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten Lamongan. Terdapat 8 (delapan) elemen yang dikemukakan oleh Indrjait untuk menilai kesuksesan proyek E-Government, yaitu political environtment, leadership, planning, stakeholders, transparency/visibility, budgets, technology dan innovation. Berdasarkan 8 (delapan) elemen sukses proyek E-Government, dalam pengelolaan aplikasi E-PBB hanya ada 1 (satu) elemen yang masih belum optimal yaitu elemen stakeholders. Stakeholders dalam pelaksanaan proyek E-PBB meliputi stakeholder pemerintah, swasta dan masyarakat. Stakeholder pemerintah dan swasta sudah melaksanakan tugas dan kepentingannya dengan baik, namun stakeholder masyaakat masih belum berjalan dengan baik. Hal tersebut dikarenakan tingkat sosialisasi yang rendah, sehingga masih belum banyak masyarakat yang mengetahui aplikasi ini. Oleh karena itu diperlukan adanya sosialisasi secara menyeluruh ke tiap lapisan masyarakat secara intensif sebagai upaya mengenalkan dan menjelaskan kegunaan aplikasi E-PBB. Selain itu perlu adanya penambahan SDM baik untuk di lingkungan UPT Dinas Kecamatan maupun di masing-masing desa agar pelaksanaan E-PBB dapat berjalan dengan baik, serta penyediaan fasilitas pendukung pelaksanaan E-PBB berupa loket pembayaran PBB-P2 di masing-masing desa.
English Abstract
Tax Property sector rural and urban areas (PBB-P2) is one of fiscal decentralization of delegation authority to manage taxes from central to local government. Lamongan district implemented the PBB-P2 management since 1 January 2014. Lamongan’s district government is assisted by Local Revenue of Lamongan district departemen in managing PBB-P2. As PBB-P2’s service, of local revenue of Lamongan district department uses an electronic application of land and building tax (E-PBB) since February 2014 to facilitate in managing PBB-P2. E-PBB is an integrated application which covers all of the activities of PBB-P2 management includes data collection, assessment, determination, billing, payment and one-stop service. PBB-P2 is one of a tax that have a tremendous potential to increase their own local. The regional government should attempt to maximize the potential. In line with this and has to provide a public service good for the society. But in Lamongan district has several issues related the services, uch as uncertainty the payment, the time, the way to service, the procedure and the lowest role or stakeholders. So that, it is necessary to improvement or change in public service to maximize the potential PBB-P2 in Lamongan district. Based on Instruction Presidential No 3 year 2003 about national policy and e-government program development strategy, the government is expected to use information technology to give effective and efficient public service. Lamongan is the first districts which use the application of E-PBB in East Java. The purpose of this research is to analyze the implementation of an Electronic Property Tax (E-PBB) which is carried out by the local revenue Lamongan as the unit to assemble local revenue a credible, integrity, dedicated, and accountable in order to finance regional development by welfare of the society of Lamongan. In addition to analyze success or not the application E-PBB in the implementation of the development e-government in Lamongan district. Lamongan is the first district which uses the application of E-PBB in East Java. In general, the implementation of E-PBB has been already optimal but the aspect of data collection and payment system still need some active participants of tax payers and availability of human resources which are needed to conduct data collection and payment. In order to provide significant impact in the management of PBB-P2 through the application of E-PBB. E-PBB is one of the E-Government projects which run by Lamongan’s district government. 8 (eight) elements are presented by Indrajit to assess the success of E-Government project: political environment, leadership, planning, stakeholders, transparency/visibility, budgets, technology and innovation. Based on those elements, the management of application E-PBB was only one element which has not optimal yet, it is stakeholder element. In the implementation of E-PBB project, stakeholders are divided into government stakeholder, private, and viii community. Government and private’s stakeholders have already done their duties well, yet stakeholder tax payer are not running well. It is because the socialization of this level is low, there are a lot of people who still don’t know about this application. Therefore, it is crucial to give intensively socialization into every layer of society as an effort to introduce and explain the using of E-PBB application. Besides, it needs addition of human resources in the environmental department at the district each village, and the provision of facilities to support the implementation of the E-PBB in the form of payment counters PBB-P2 in each village is required for the implementation of E-PBB can run well.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/30/ 051603048 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 10:25 |
Last Modified: | 28 Dec 2021 03:54 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118606 |
Preview |
Text
SKRIPSI_FITRIA_NUR_HUSNIA_125030401111026.pdf Download (9MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |