Implementasi Program Generasi Berencana (GenRe) dalam Menanggulangi HIV/AIDS pada Remaja (Studi pada Badan Pemberdayaan Masyarakat, Keluarga Berencana dan Ketahanan Pangan Kota Madiun)

Ayudya, YunaRistianPutri (2016) Implementasi Program Generasi Berencana (GenRe) dalam Menanggulangi HIV/AIDS pada Remaja (Studi pada Badan Pemberdayaan Masyarakat, Keluarga Berencana dan Ketahanan Pangan Kota Madiun). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Demi mewujudkan tegar remaja, yaitu remaja yang berperilaku sehat, terhindar dari resiko TRIAD KRR (Seksualitas, Napza dan HIV/AIDS), maka Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional mensosialisasikan program Generasi Berencana (GenRe). Berdasarkan hal diatas, maka muncul permasalahan yang pertama bagaimana implementasi program Generasi Berencana (GenRe) dalam menanggulangi HIV/AIDS pada remaja dan yang kedua apa sajakah faktor pendukung dan penghambat implementasi program Generasi Berencara (GenRe). Tujuan dari meneliti dua permasalahan tersebut adalah untuk mengetahui, mengidentifikasi dan menganalisis implementasi program Generasi Berencana (GenRe) dalam menanggulangi HIV/AIDS pada remaja dan mendiskripsikan serta menganalisis faktor pendukung dan penghambat implementasi program Generasi Berencara (GenRe) dalam mengurangi angka HIV/AIDS pada remaja. Berdasarkan hal diatas, maka peneliti memilih penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Badan Pemberdayaan Masyarakat, Keluarga Berencana dan Ketahanan Pangan Kota Madiun, dimana fokus penelitian: 1) implementasi program Generasi Berencana (GenRe) dalam menanggulangi HIV/AIDS pada remaja di Kota Madiun, a) kebijakan yang diidealkan program GenRe, b) Kelompok sasaran program GenRe, c) Organisasi Pelaksana program GenRe, d) faktor lingkungan yang mempengaruhi implementasi program GenRe, 2) faktor pendukung dan penghambat implementasi program Generasi Berencara (GenRe). Hasil dari penelitian ini menurut fokusnya, implementasi program Generasi Berencana (GenRe) dalam menanggulangi HIV/AIDS pada remaja di Kota Madiun dari berbagai aspek yaitu kebijakan yang diidealkan, kelompok sasaran, organisasi pelaksana dan faktor lingkungan yang mempengaruhi program GenRe dapat disimpulkan bahwa dalam memenuhi target program sudah terlaksana dengan baik, dengan mencapai target yang sudah ditentukan sebelumnya. Dalam implementasi program GenRe ditemukan faktor pendukung yaitu tingginya partisipasi sasaran program dan dukungan dari aktor lain seperti petinggi organisasi dan instansi lain. Faktor penghambat yaitu dukungan dana, sistem birokrasi kelompok sasaran dan kemajuan teknologi. Saran yang dapat diberikan peneliti antara lain: 1) perencanaan permintaan dana lebih awal, 2) adaptasi program dengan kondisi di lapangan, 3) filter kemajuan teknologi dan 4) program wajib periksa HIV/AIDS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/293/051605588
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Jul 2016 15:47
Last Modified: 19 Jul 2016 15:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118598
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item