Analisis Kinerja Pegawai dalam Pemberian Pelayanan Publik Bidang Imigrasi (Studi pada Kantor Imigrasi Kelas II Blitar).

Dewi, Sukma (2016) Analisis Kinerja Pegawai dalam Pemberian Pelayanan Publik Bidang Imigrasi (Studi pada Kantor Imigrasi Kelas II Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dewasa ini, kinerja pegawai menjadi perhatian di masyarakat, khususnya kinerja pegawai di sektor publik. Kinerja pegawai merupakan salah satu hal penting dalam mewujudkan pelayanan publik. Baik atau buruknya kinerja pegawai akan menentukan terwujudnya pelayanan publik. Selain itu, baik atau buruknya kinerja pegawai mencerminkan kualitas pelayanan publik dari suatu instansi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis kinerja pegawai dalam pelaksanaan pelayanan publik serta untuk mengetahui, mengidentifikasi, mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pelayanan publik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif yang dibatasi oleh dua fokus penelitian, yaitu (1) kinerja pegawai dalam pelaksanaan pelayanan publik yang dilihat dari unsur SKP (kuantitas, kualitas, waktu) dan perilaku kerja (orientasi pelayanan, integritas, komitmen, disiplin, kerja sama); (2) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pelayanan publik. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif Miles, Huberman dan Saldana dengan tahapan kondensasi data, penyajian data, penarikan dan verifikasi kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kinerja pegawai di Kantor Imigrasi Kelas II Blitar yang dilihat dari indikator SKP sudah dikatakan baik. Pegawai sudah menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan prosedur yang berlaku dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Sedangkan dari perilaku kerja juga sudah baik. Namun dalam hal ini pegawai diharapkan tidak berpuas diri terhadap apa yang telah dicapai, karena kebutuhan masyarakat setiap harinya akan berubah mengikuti perkembangan zaman. Jadi pegawai pun juga harus selalu memberikan pelayanan yang terbaik sesuai keinginan masyarakat. Faktor pendukung dalam pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Imigrasi Kelas II Blitar adalah adanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang jumlahnya sudah memadai dan sudah ahli di bidangnya, sarana dan prasarana yang sudah didukung teknologi yang canggih, dan pembayaran pelayanan paspor yang dipermudah. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Imigrasi Kelas II Blitar adalah sistem atau jaringan yang sering trouble dan masyarakat yang tidak mengikuti prosedur. Saran yang dapat diberikan adalah sistem yang ada harus diperbaiki atau ditingkatkan dengan menyediakan link mirror. Selain itu, masyarakat sebagai penerima pelayanan publik seharusnya lebih berinisiatif dalam mencari informasi terbaru melalui website resmi, sehingga mempercepat kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan publik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/289/051605584
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Jul 2016 14:27
Last Modified: 14 Jul 2016 14:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118593
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item