Pengaruh Musik Terhadap Aktivitas Belajar dan Prestasi Belajar Pemustaka di Perpustakaan (Studi pada Perpustakaan STIE Malangkuçeçwara Malang),

Akbar, Aliyyul (2016) Pengaruh Musik Terhadap Aktivitas Belajar dan Prestasi Belajar Pemustaka di Perpustakaan (Studi pada Perpustakaan STIE Malangkuçeçwara Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perpustakaan merupakan tempat bagi pemustaka untuk bisa melakukan segala aktivitas belajar dan meningkatkan prestasi belajar. Dalam hal ini perpustakaan harus bisa memberikan fasilitas atau sarana dan prasarana yang membuat pemustaka merasa nyaman saat berada di perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan ada tidaknya pengaruh musik terhadap aktivitas belajar dan prestasi belajar di perpustakaan STIE Malangkuçeçwara Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan wawancara. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling dengan jumlah sampel sebesar 90 reponden. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan IBM SPSS 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa koefisien korelasi antara variabel Musik dengan aktivitas belajar adalah 0,438 dan musik dengan prestasi belajar adalah 0,489 yang berarti memiliki hubungan yang cukup kuat. Berdasarkan uji t menunjukan bahwa variabel musik berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar dan prestasi belajar. Hasil uji determinasi pada penelitian ini menunjukan 19,2% aktivitas belajar pemustaka dipengaruhi oleh musik sedangkan 80,8% kepuasan pemustaka dipengaruhi oleh variabel lain. Selain itu uji determinasi pada penelitian musik terhadap prestasi belajar menunjukan 23,9% prestasi belajar pemustaka dipengaruhi oleh musik sedangkan 76,1% kepuasan pemustaka dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Berdasarakan hasil penelitian maka saran yang bisa diberikan yaitu Perpustakaan STIE Malangkuçeçwara bisa terus menyediakan musik pada jam layanan perpustakaan guna memberikan kenyamanan pemustaka saat beraktivitas belajar dan meningkatkan prestasi belajar pemustaka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/284/051605579
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Jul 2016 14:17
Last Modified: 19 Jul 2016 14:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118588
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item