Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dan Indikator Kinerja Perpustakaan ISO 11620:1998 (studi pada layanan grey literature skripsi Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang),

Jannah, Nisaul (2016) Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dan Indikator Kinerja Perpustakaan ISO 11620:1998 (studi pada layanan grey literature skripsi Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu jenis dari layanan grey literature yang banyak didayagunakan di perpustakaan Universitas Brawijaya Malang adalah layanan skripsi. Sistem manajemen mutu dapat dijadikan alat strategis untuk manajemenen layanan di perpustakaan agar dapat berjalan dengan baik. Salah satu standar internasional yang mengatur tentang sistem manajemen mutu ISO 9001 yang didalamnya terdapat 8 klausul dan salah satunya adalah klausul 8 yaitu tentang pengukuran, analisis, dan pengembangan. Mengingat bahwa ISO 9001:2008 dapat diterapkan di semua lingkup organisasi, maka di perpustakaan dibutuhkan sebuah indikator pengukuran yaitu standar ISO 11620:1998. Tujuan penelitian ini yaitu untuk Untuk mendeskripsikan dan menganalisa implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008, kinerja perpustakaan menggunakan indikator pengukuran kinerja perpustakaan ISO 11620:1998, faktor pendukung dan penghambat implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi di Perpustakaan Universitas Brawijaya dengan situs layanan grey literature skripsi perpustakaan Universitas Brawijaya Malang. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik penentuan data dengan populasi dan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles,Huberman,& Saldana (2014:14), serta menggunakan teknik penilaian indiaktor kinerja perpustakaan 11620:1998. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber,teknik dan waktu. Berdasarkan hasil analisis data dilakukan oleh peneliti dari tiga rumusan masalah yang ditetapkan, maka didapat kesimpulan, antara lain : dari kedelapan indikator di dalam klausul 8, dapat diketahui bahwa pengukuran, analisis dan pengembangan layanan grey literature skripsi di Perpustakaan Universitas Brawijaya menyesuaikan standar ISO 9001:2008. Sedangkan untuk indikator pengukuran kinerja dapat disimpulkan: persepsi pemakai masuk dalam klasifikasi baik, layanan publik memiliki klasifikasi sedang, layanan teknis memiliki klasifikasi tinggi, promosi layanan memiliki kriteria sedang, ketersediaan dan penggunaan SDM memiliki klasifikasi sedang. Adapun faktor pendukung implementasi ISO 9001:2008 di layanan grey literature skripsi di Perpustakaan Universitas Brawijaya adalah komitmen dari manajemen puncak, komunikasi, dana, pemantauan, pelatihan, ketersediaan waktu dan partisipasi pegawai perpustakaan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah rendahnya komitmen dari staf, sikap staf yang lambat dalam perubahan budaya kerja dan kurangnya pemahaman staf dalam implementasi ISO.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/249/051605315
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Jul 2016 14:48
Last Modified: 20 Jul 2016 14:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118548
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item