Pengaruh Struktur Modal Terhadap Profitabilitas (Studi pada Perusahaan Food and Beverage yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014)”.

HajjahFakrinaZulfa, (2016) Pengaruh Struktur Modal Terhadap Profitabilitas (Studi pada Perusahaan Food and Beverage yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perekonomian selalu mengalami perubahan dan persaingan bisnis yang semakin ketat, sehingga setiap perusahaan melakukan peningkatan daya saing berupa meningkatkan aktivitas produksi atau kegiatan operasionalnya. Perkembangan zaman membuat persaingan antar perusahaan semakin signifikan sehingga perusahaan dituntut selalu meningkatkan kinerja, agar fokus utama perusahaan dapat tercapai yaitu menghasilkan keuntungan yang optimal dan dapat memberikan deviden yang maksimal kepada pemegang saham. Perusahaan yang baik memperlihatkan pengelolaan struktur modal yang baik juga, karena baik buruknya struktur modal akan mempunyai dampak langsung terhadap posisi finansial perusahaan yang pada akhirnya akan mempengaruhi profitabilitas perusahaan. Perusahaan yang tidak dapat membayar beban bunga beserta hutangnya tepat waktu dapat mengalami potensi untuk rugi karena buruknya pengelolaan struktur modal sehingga menyebabkan investor enggan untuk menanamkan modalnya. Semakin tinggi profitabilitas suatu perusahaan menunjukkan hal yang positif dan menandakan perusahaan dalam keadaan laba. Struktur modal mempunyai pengaruh terhadap profitabilitas, semakin membaiknya struktur modal memberikan keterlibatan pada kinerja manajemen dalam kebijakan pendanaan, karena perusahaan mengijinkan investor asing untuk memiliki perusahaan tersebut dengan cara menanamkan modalnya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh struktur modal yang diwakili oleh DR/Debt Ratio dan DER/Debt to Equity Ratio terhadap profitabilitas yang diwakili oleh ROA/Return on Assets dan ROE/Return on Equity secara simultan dan parsial pada perusahaan food and beverage yang listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014. Populasi penelitian adalah perusahaan food and beverage yang listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014 sebanyak 17 perusahaan. Dengan teknik purposive sampling diperoleh 11 perusahaan yang sesuai dengan sampel penelitian. Pengambilan data dilakukan di Galeri Bursa Efek Indonesia berupa ringkasan kinerja masing-masing perusahaan. Obyek penelitiannya adalah perusahaan food and beverage yang listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menyimpulkan struktur modal yang diwakili oleh DR dan DER secara simultan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas yang diwakili ROA dan ROE. DR dan DER secara parsial berpengaruh signifikan terhadap ROA. DR dan DER secara parsial berpengaruh signifikan terhadap ROE. Berdasarkan penelitian ini, diharapkan pengaruh struktur modal terhadap profitabilitas dapat menjadi informasi penting bagi investor dalam melakukan investasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/246/051605312
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Jul 2016 13:37
Last Modified: 20 Jul 2016 13:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118545
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item