Sinergi Pemerintah Daerah Dan Koperasi Dalam Pengembangan Potensi Peternakan Sapi Perah (Studi Pada Koperasi Peternakan Sapi Perah Setia Kawan Nongkojajar Kabupaten Pasuruan).

As`ari, MuhammadSofi (2016) Sinergi Pemerintah Daerah Dan Koperasi Dalam Pengembangan Potensi Peternakan Sapi Perah (Studi Pada Koperasi Peternakan Sapi Perah Setia Kawan Nongkojajar Kabupaten Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konsumsi susu masyarakat Indonesia selama beberapa tahun mengalami peningkatan. Akan tetapi produksi susu dalam negeri tidak mampu mencukupi kebutuhan susu nasional secara keseluruhan. Nongkojajar memiliki peluang untuk dapat mengembangkan potensi peternakan sapi perah lebih baik lagi, mengingat bahwa daerah tersebut memiliki banyak faktor pendukung seperti letak topografi dan juga iklim yang sesuai untuk usaha peternakan sapi perah. Produksi susu nasional yang belum mampu mencukupi kebutuhan dan konsumsi susu nasional memberikan peluang bagi KPSP Setia Kawan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi serta masyarakat sekitar melalui peningkatan hasil produksi dan kualitas susu sapi perah. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah sinergi Pemerintah Daerah dan koperasi dalam pengembangan potensi peternakan sapi perah di Nongkojajar, dan Apa sajakah faktor Pendukung dan Penghambat sinergi Pemerintah Daerah dan Koperasi dalam pengembangan potensi peternakan sapi perah di Nongkojajar. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui dan mendeskripsikan sinergi Pemerintah Daerah dengan Koperasi Peternak Sapi Perah Setia Kawan Nongkojajar dalam pengembangan potensi peternakan sapi perah serta mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat sinergi Pemerintah Daerah dan Koperasi dalam pengembangan potensi peternakan sapi perah di Nongkojajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini terdiri dari peneliti sendiri, pedoman wawancara, alat perekam, dan alat tulis menulis. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model interaktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sinergi Pemerintah Kabupaten Pasuruan dan Koperasi Peteranak Sapi Perah Setia Kawan dalam mengembangkan potensi peternakan sapi perah di Nongkojajar diwujudkan dalam bentuk pelaksanaan program-program yang dilaksanakan bersama-sama dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman peternak tentang usaha peternakan sapi perah sehingga mampu meningkatkan populasi, produksi dan kualitas susu. Dan untuk mendukung terwujudnya suatu sinergi yang ideal dalam pengembangan potensi peternakan sapi perah di Nongkojajar, maka diperlukan peningkatan efektifitas komunikasi dan juga feedback antar masing-masing stakeholders sehingga pelaksanaa program-program dapat berjalan dengan baik. Dan juga dibutuhkan Peningkatan peran Dinas Koperasi untuk menunjang berbagai program yang telah dilaksanakan oleh Dinas Peternakan Kabupaten Pasuruan, peran masing-masing instansi yang saling mengisi satu sama lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/240/051605306
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Jul 2016 14:14
Last Modified: 14 Jul 2016 14:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118539
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item