Potensi Pajak Bumi Dan Bangunan Sektor Perdesaan Dan Perkotaan (Pbb-P2) (Studi Kasus Di Kabupaten Malang Ditinjau Dari Perbedaan Harga Pasar Wajar Dengan Nilai Jual Objek Pajak (Njop) Bumi Yang Berl

Yunarti, DwiAprianing (2016) Potensi Pajak Bumi Dan Bangunan Sektor Perdesaan Dan Perkotaan (Pbb-P2) (Studi Kasus Di Kabupaten Malang Ditinjau Dari Perbedaan Harga Pasar Wajar Dengan Nilai Jual Objek Pajak (Njop) Bumi Yang Berl. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian tentang Potensi Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) (Studi Kasus di Kabupaten Malang Ditinjau dari Perbedaan Harga Pasar Wajar dengan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) Bumi yang Berlaku) bertujuan untuk mengetahui proses penetapan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) di Kabupaten Malang serta menganalisis dampak yang ditimbulkan dari adanya penetapan tersebut terhadap potensi yang ada di Kabupaten Malang. Tujuan lain dalam penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hilangnya potensi Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) akibat dari perbedaan harga pasar wajar dengan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) Bumi yang berlaku. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan metodologi kualitatif. Fokus penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi hilangnya potensi Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) akibat dari perbedaan harga pasar wajar dengan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) Bumi yang berlaku yang terdiri dari faktor keadilan, sosial, ekonomi, politis dan pola pikir masyarakat. Fokus berikutnya adalah mengenai proses penetapan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) Bumi di Kabupaten Malang serta dampaknya dari adanya penetapan tersebut. Lokasi penelitian bertempat di Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Malang dan situs penelitian berada di Desa Mulyoagung Kecamatan Dau. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil dari penelitian ini yaitu proses penetapan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) secara prosedur telah sesuai dengan tata cara penilaian yang ada yang terdiri dari penyesuaian harga, membuat batas imajiner, analisis terhadap harga pasar yang diperoleh, pembentukan bank data nilai pasar properti, analisis penentuan Nilai Indikasi Rata-Rata (NIR), mengusulkan hasil penetapan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) kepada Kepala Daerah dan merubah gambar peta Zona Nilai Tanah. Terbukti, bahwa ternyata setelah adanya penelitian ini untuk mencerminkan harga yang sesungguhnya masih diperlukan penyesuaian hingga 54% dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang ada. Sebagai akibat dari hal tersebut, maka Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Kabupaten Malang harus merubah peta blok dan peta Zona Nilai Tanah untuk memberi warna yang sama untuk properti dengan harga yang sama pula. Faktor-faktor yang mempengaruhi hilangnya potensi Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) adalah faktor keadilan, sosial, ekonomi, politis dan pola pikir dari masyarakat.

English Abstract

Study about Potency Land and Property Tax in Rural and Urban Sector (PBB-P2) (Case Study in Kabupaten Malang Reviewed of Differentiation between Fair Market Price and Land Tax Object Selling Value (NJOP) which be in Force) intent to know how the process of determination Tax Object Selling Value in Kabupaten Malang and analize impact which posed from presence of determination to the potention in Kabupaten Malang. Another purpose in this study is knowing all the factor influence of losing potential land and property tax in rural and urban sector (PBB-P2) outcome from differentiation between fair market price and land Tax Object Selling Value (NJOP) which be in force. Type of this study which are use by researcher are descriptive research with qualitative approach. Focus of this study is all the factor influence of losing potential land and property tax in rural and urban sector (PBB-P2) sector outcome from differentiation between fair market price and land Tax Object Selling Value (NJOP) which be in force consist of justice factor, social factor, economy factor, political factor and public mindset factor. Next focus is about the process to determination land Tax Object Selling Value (NJOP) in Kabupaten Malang and the impact from presence of determination. The study located in Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Malang and the site of this study in Mulyoagung village Kecamatan Dau. Technique of data collection in this study is interview, documentation and observation. The result of this study is the process of determination Tax Object Selling Value (NJOP) in procedure was suitable with standard valuation procedure which is consist of price adjusment, create imaginary boundary, analize to obtainable price market, forming bank data market property value, analize definition of value indicator average (NIR), propose result of determination Tax Object Selling Value (NJOP) to district leader and changing map picture of land value zone. Proven that after presence of this study for reflect the real price still need a adjusment untill 54% with considering all the factor. As a result of it, Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Kabupaten Malang must change a map block and map of land value zone for giving the same colour for property with the same price to. All the factors influence of losing potential land and property tax in rural and urban sector (PBB-P2) is justice factor, social factor, economy factor, political fator and public mindset factor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/24/ 051602255
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 12 Apr 2016 09:42
Last Modified: 12 Apr 2016 09:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118538
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item