Dampak Penerapan Surat Pemberitahuan Masa Elektronik (e-SPT) terhadap Efektivitas dan Kontribusi Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu),

Hati, IndahPermata (2016) Dampak Penerapan Surat Pemberitahuan Masa Elektronik (e-SPT) terhadap Efektivitas dan Kontribusi Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena jumlah pelaporan e-SPT Masa PPN yang masih rendah selama penerapan kebijakan PER-44/PJ/2010 yang berlaku pada masa pajak Januari tahun 2011 hingga masa pajak Juni 2013 disebabkan karena belum adanya kewajiban pelaporan dalam bentuk e-SPT Masa PPN, maka dari itu Direktorat Jenderal Pajak menerbitkan kebijakan PER-11/PJ/2013 yang mulai berlaku sejak masa pajak Juli tahun 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kebijakan pelaporan e- SPT Masa PPN (PER-11/PJ/2013) pada KPP Pratama Batu periode tahun 2011- 2014, perbandingan tingkat pelaporan e-SPT Masa PPN, tingkat efektivitas sebelum dan sesudah penerapan PER-11/PJ/2013 terhadap penerimaan Pajak Pertambahan Nilai, tingkat kontribusi sebelum dan sesudah penerapan PER- 11/PJ/2013 terhadap penerimaan Pajak Pertambahan Nilai, dan kendala-kendala dalam penerapan e-SPT Masa PPN. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara dan dokumentasi. Wawancara yang dilakukan dengan menggunakan pedoman wawancara (Interview Guide) yang tidak ketat sehingga disesuaikan dengan situasi dan latar belakang koresponden. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peraturan Direktorat Jenderal Pajak PER-11/PJ/2013 adalah jumlah pelaporan dalam menyampaikan e-SPT Masa PPN masih lebih besar sebelum diterapkannya PER-11/PJ/2013. Tetapi tingkat efektivitas dan tingkat kontribusi penerimaan Pajak Pertambahan Nilai lebih besar setelah diterapkannya PER-11/PJ/2013. Terdapat beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung yang dilakukan KPP Pratama Batu terkait penerapan PER- 11/PJ/2013 adalah mensosialisasikan kepada PKP, memberikan pelayanan berupa konsultasi kepada PKP, dan memberikan informasi mengenai setiap kebijakan kepada wajib pajak dengan menggunakan SMS Service, Whatsapp, maupun Email. Dan faktor penghambat terkait penerapan PER-11/PJ/2013 terdiri dari WP PKP yang masih belum memahami cara penggunaan aplikasi e- SPT PPN, dan kepedulian WP PKP yang masih rendah. Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa rekomendasi yang dapat peneliti berikan yakni memberikan peringatan atau sanksi terhadap Wajib Pajak Pengusaha Kena Pajak apabila tidak memenuhi undangan sosialisasi, mempertahankan kegiatan yang dapat meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak, program evaluasi, dan menjalin koordinasi dengan Direktorat Jenderal Pajak dalam mewujudkan tujuan pelaksanaan kebijakan Pajak Pertambahan Nilai.

English Abstract

This research conducted because number of reporting e-VAT remain low during adjustment of policy PER-44/PJ/2010 that applied in tax period Januari 2011 until Juni 2013 caused by absence of reporting in the form of e-VAT, The Directorate General of Tax issued a policy PER-11/PJ/2013 which is valid since Juli 2013 tax period. This research aims to know the policy of reporting e-VAT at Primary Tax Office Batu in period 2011-2014, supporting and inhibitors factor in the adjustment PER-11/PJ/2013, the comparisons degree of reporting e-VAT, the effectiveness before and after the application PER-11/PJ/2013 towards VAT, and the level of contribution before and after the application PER-11/PJ/2013 towards VAT, and obstacles during assembling VAT itself. This research used descriptive with qualitative approach. For collecting the data, the researcher used interview and documentation. For the interview, the researcher used Interview Guide that is not strictly so it can be adapted with the situation and background of the correspondent. The result of this research shows that the regulation from Directorate General of Tax PER-11/PJ/2013 make system of administration that are imposed on Service section, Data Processing section and Information became more efficient. The average number of reporting of submit e-VAT still bigger before the implementation PER-11/PJ/2013. The number of effectivness and contribution VAT are bigger after the implementation PER-11/PJ/2013. There are some supporting and inhibitor factor. For the example supporting factor, Primary Tax Office in Batu about assembling PER-11/PJ/2013 is socialize to taxable employers, by giving consultation service to PKP, and giving information about taxpayer compliance by using SMS Services, Whatsapp, although Email. For the inhibitor factor about assembling PER-11/PJ/2013 consist of taxable employers that haven’t known well yet about how to used e- SPT PPN, and for the number of attention about taxable employers is still low. Based on the result, there are some recommendation from the researcher, that is by giving a warning or penalty for taxable employers that is not qualified, maintain activities that can increase taxpayer compliance, evaluation program, and making the connection with Directorate General Taxes to achieve the purpose of implementation of policy VAT.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/23/ 051602254
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 11 Apr 2016 13:35
Last Modified: 11 Apr 2016 13:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118527
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item