Analisis Perilaku Informasi Mahasiswa Tuna Rungu dalam Pemenuhan Tugas Akademik (Studi pada Mahasiswa Tuna Rungu di Pusat Studi Layanan Disabilitas Brawijaya

Hardiktyaswati, Anugerah (2016) Analisis Perilaku Informasi Mahasiswa Tuna Rungu dalam Pemenuhan Tugas Akademik (Studi pada Mahasiswa Tuna Rungu di Pusat Studi Layanan Disabilitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sejak tahun 2012 Universitas Brawijaya menerima mahasiswa disabilitas melalui lembaga yang bernama PSLD (Pusat Studi Layanan dan Disabilitas). Terdapat 30 mahasiswa tunarungu, hasil evaluasi PSLD mahasiswa tunarungu dilihat dari nilai akademik mempunyai rata-rata IPK setiap tahun >2,75. Ini suatu prestasi dengan keterbatasan mahasiswa tunarungu yang tidak mampu mendengar dan berbicara. Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan perilaku informasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa tunarungu dalam pemenuhan tugas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana (2014) yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menggunakan model perilaku pencarian informasi dari David Ellis menunjukkan bahwa pada tahap starting mahasiswa mempersiapkan dengan cara melihat catatan kecil yang diberikan oleh pendamping serta bertanya kepada teman sejawat. Pada tahap chaining mahasiswa tunarungu cenderung mengkaitkan dengan pengalaman pribadi dan bertanya kepada seseorang yang menurut mahasiswa tunarungu mampu dengan topik yang dituju. Pada tahap browsing rata-rata mahasiswa tunarungu menggunakan mesin pencarian google. Pada tahap differentating mahasiswa tunarungu rata-rata memilah informasi sesuai dengan topik yang di sarankan oleh dosen serta membandingkan dengan teman sejawat. Tahap monitoring, mahasiswa tunarungu selalu memantau informasi yang terbaru karena itu merupakan tuntutan dari dosen. Serta tahap terakhir yaitu tahap extracting, rata-rata sudah menemukan informasi yang dituju untuk mengingatnya dengan cara memberi tanda dengan stabilo dan memberi garis pada kalimat yang penting. Serta Faktor pendukung adalah a) Motivasi; b) Latar Belakang Pendidikan; c) Dukungan Keluarga; d) Lingkungan Pergaulan Mahasiswa Tunarungu; e) Kemandirian Mahasiswa Tunarungu; f) Pola Belajar Mahasiswa Tunarungu. Sedangkan faktor penghambat a) Terlambatnya Informasi yang diterima; b) Volunteer yang Tidak Satu Jurusan; c) Dosen yang Belum Memahami dalam Mengajar Tunarungu; d) Lingkungan Mahasiswa Tunarungu yang Tidak Mendukung; e) Akses informasi di Perpustakaan; f) Membutuhkan Pemahaman Lebih Lama. Berdasarkan hasil penelitian mahasiswa tunarungu sudah melakukan pencarian informasi dengan baik mulai tahap starting sampai extracting, akan tetapi perbedaan menonjol dibagian faktor pendukung dan penghambat. Maka Universitas Brawijaya dan PSLD memberikan sarana prasarana untuk menunjang pembelajaran mahasiswa tunarungu dan koordinasi kepada pihak pelayanan yang menyangkut mahasiswa tunarungu. Meningkatkan pemahaman semua sivitas UB tentang ramah untuk disabilitas terutama tunarungu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/228/051605294
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Jun 2016 11:16
Last Modified: 22 Jan 2024 03:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118525
[thumbnail of ANUGERAH HARDIKTYASWATI.pdf] Text
ANUGERAH HARDIKTYASWATI.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item