Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 7 Madiun, (Studi pada Kereta Ap

Febriyanti, Riska (2016) Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 7 Madiun, (Studi pada Kereta Ap. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Transportasi umum menjadi hal yang penting dalam pergerakan ekonomi terutama dalam hal angkutan masal untuk measyarakat yang akan melakukan mobilisasi. Kereta api merupakan salah satu transportasi umum terbaik yang terdapat di Indonesia dan memiliki kelebihan seperti cepat, murah dan nyaman serta memiliki jalur tersendiri. PT. Kereta Api Indonesia Persero (PT. KAI Persero) merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengelola bidang transportasi perkeretaapian di Indonesia secara langsung.PT. KAI (Persero) DAOP 7 Madiun, merupakan salah satu daerah operasi yang menyediakan jasa angkutan kereta api model baru yang cepat dan terjangkau, yaitu Kereta Api Madiun Jaya dengan rute perjalanan Madiun, Solo dan Yogyakarta. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api. Standar Pelayanan Minimum (SPM) merupakan ukuran minimum pelayanan yang harus diberikan penyedia jasa yaitu PT. KAI (Persero) dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa. SPM Kereta Api Madiun Jaya dapat dikatakan cukup baik, tetapi masih terdapat beberapa fasilitas yang belum sesuai dengan SPM yang ditetapkan, yaitu fasilitas keselamatan APAR, Fasilitas Kesehatan P3K, CCTV, dan Restorasi. Kemudian pada fasilitas kenyamanan berupa toilet, pada Kereta Api Madiun Jaya masih menimbulkan bau yang berasal dari limbah toilet sehingga mengganggu kenyamanan pengguna jasa Kereta Api Madiun Jaya, kemudian pada Kereta Api Madiun Jaya masih mengalami keterlambatan tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu, kecepatan pelayanan pada Kereta Api Madiun Jaya juga masih dikatakan kurang. Kondisi tersebut tentunya merugikan pengguna jasa Kereta Api Madiun Jaya khususnya dari segi waktu karena pengguna jasa mengandalakan moda transportasi kereta api karena lebih cepat dibandingkan dengan kendaraan darat lainnya. Untuk itu, sebaiknya pihak PT. KAI (Persero) DAOP 7 Madiun memenuhi fasilitas yang sesuai dengan SPM agar memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna jasa kereta api

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/223/051604928
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Jul 2016 09:50
Last Modified: 19 Jul 2016 09:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118520
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item