Pengembangan Kapasitas Sumberdaya Manusia Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Pegawai (Studi Pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Cahya Agung Kabupaten Tulungagung),

Priatna, RyanAdicita (2016) Pengembangan Kapasitas Sumberdaya Manusia Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Pegawai (Studi Pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Cahya Agung Kabupaten Tulungagung),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kompetensi dan kapasitas sumberdaya manusia yang memadai merupakan pendorong kinerja pegawai dalam mencapai tujuan organisasi. Kinerja yang baik tersebut tentunya ditandai dengan produktivitas kerja yang tinggi sehingga akan meningkatkan kualitas pegawai. Oleh karena itu, perusahaan seringkali mencoba untuk mempersiapkan kualitas manajemen dan kualitas sumberdaya manusia (SDM) agar lebih tangguh dan sanggup bekerja dengan cara-cara baru dan memiliki kualitas kerja yang handal. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) “Tirta Cahya Agung” di Kabupaten Tulungagung merupakan salah satu perusahaan yang menerapkan program pengembangan kapasitas kepada para pegawainya sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas kerja. Salah satu hal yang melatarbelakangi adalah semakin bertambahnya jumlah keluhan terkait penyediaan maupun pelayanan air bersih di Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisa data di lapangan yang digunakan adalah analisis data Milles, Huberman dan Saldana melalui tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kapasitas sumberdaya manusia yang dilakukan oleh PDAM “Tirta Cahya Agung” dilakukan berdasarkan kebutuhan perusahaan. Pengembangan kapasitas sumberdaya manusia tersebut dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan yang diadakan oleh pihak PDAM sendiri maupun bekerjasama dengan pihak ketiga. Terdapat 2 (dua) metode pendidikan dan pelatihan yang digunakan PDAM “Tirta Cahya Agung” yaitu latihan di dalam pekerjaan (on the job training) dan latihan di luar pekerjaan (off the job training). Tahapan pengembangan kapasitas sumberdaya manusia ini dimulai dari penentuan kebutuhan untuk mengetahui kondisi, situasi, dan permasalahan yang dihadapi perusahaan yang kemudian dijadikan dasar untuk membuat suatu program, selanjutnya pelaksanaan program, dan evaluasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan program yang telah dilaksanakan. Pengembangan kapasitas sumberdaya manusia tersebut dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu kegiatan yang diadakan oleh pihak internal dalam hal ini adalah PDAM “Tirta Cahya Agung” dan pihak eksternal yang dalam hal ini adalah pihak ketiga atau pihak diluar PDAM “Tirta Cahya Agung”. Terdapat faktor pendukung berupa dukungan dari pimpinan perusahaan dan pemerintah, motivasi pegawai untuk mengembangkan karier, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih dan faktor penghambat berupa perbedaan latar belakang pegawai, biaya yang terbatas, serta fasilitas pelatihan yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/221/051604926
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Jul 2016 09:28
Last Modified: 19 Jul 2016 09:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118518
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item