Analisis Kinerja Badan Pertanahan Nasional Dalam Pelayanan Sertifikasi Tanah (Studi Pada Badan Pertanahan Nasional Kota Malang),

Witriany, FennyArdila (2016) Analisis Kinerja Badan Pertanahan Nasional Dalam Pelayanan Sertifikasi Tanah (Studi Pada Badan Pertanahan Nasional Kota Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja BPN Kota Malang dalam usahanya untuk melayani masyarakat pemohon sertifikasi tanah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif terhadap BPN Kota Malang dalam mengoptimalisasikan pelayanan sebagai unit analisis, sedangkan unit observasi adalah melihat dari dekat tentang pelayanan terhadap masyarakat. Fokus dalam penelitian ini adalah kinerja aparat BPN Kota Malang dalam melayani masyarakat pemohon sertifikasi tanah melalui 4 indikator yaitu produktivitas, responsivitas, akuntabilitas dan kualitas layanan. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Nara sumber wawancara berasal dari BPN Kota Malang sendiri maupun masyarakat pengguna layanannya. Analisis data menggunakan analisis model interaktif yang reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Data dianalisis secara kualitatif diskriptif untuk menguji dan menganalisa sejauhmana kinerja pelayanan BPN Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa kinerja BPN Kota Malang secara umum sudah cukup memadai dan memuaskan terutama bila ditinjau dari indikator produktivitas, responsivitas dan kualitas layanannya. Namun dari sisi akuntabilitas belum cukup memadai karena masih banyak masyarakat yang belum tahu tentang standar operasi prosedur layanan di BPN Kota Malang. Karena itu perlu adanya penyederhanaan prosedur dalam semua jenis pelayanan karena kesan bahwa mengurus surat tanah itu rumit masih menjadi momok masyarakat kita. Penyederhanaan sistematika prosedur perlu agar masyarakat bisa dengan mudah, cepat serta memuaskan ketika mengurus berkas sertifikasi pertanahan. Sistem pengelolaan pengaduan perlu ditingkatkan mengingat potensi permasalahan pertanahan semakin kompleks.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/193/051604854
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Jul 2016 11:10
Last Modified: 18 Jul 2016 11:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118486
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item