Pengaruh Audit Badan Pemeriksa Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan Daerah (Studi Pada Badan Pengelolaan Keuangan Dan Asset Kabupaten Pamekasan).

Mukhlisotunnisak (2015) Pengaruh Audit Badan Pemeriksa Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan Daerah (Studi Pada Badan Pengelolaan Keuangan Dan Asset Kabupaten Pamekasan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengelolaan keuangan daerah merupakan bagian penting dari kegiatan pemerintah daerah. Salah satu bagian penting dari kegiatan pengelolaan keuangan daerah adalah laporan keuangan pemerintah daerah. Laporan keuangan pemerintah daerah di sini berperan sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah daerah dalam menggunakan sumber daya yang dimilikinya, serta berperan juga sebagai bentuk transparansi terhadap masyarakatnya. Agar tercapai tanggung jawab serta transparansi tersebut, maka dibutuhkan penilaian secara objektif dari pihak yang kompeten dan mandiri. Badan Pemeriksa Keuangan berperan sebagai pemeriksa yang kompeten dan mandiri tersebut. Audit dari BPK menghasilkan sebuah opini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh opini BPK terhadap laporan keuangan pemerintah daerah. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif, yaitu data yang dikumpulkan berupa angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah para pegawai Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset Kabupaten Pamekasan yaitu sebanyak 37 pegawai, dengan menggunakan teknik total sampling maka seluruh pegawai Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset Kabupaten Pamekasan dijadikan sebagai sampel penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, serta uji hipotesisnya menggunakan uji t. Berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi sederhana yang telah dilakukan menunjukkan tingkat hubungan yang berarti antar variabel, hal tersebut dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,628. Kemampuan model dalam menjelaskan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dapat dilihat pada nilai R Square (R2) yaitu sebesar 0,394. Hasil uji t menunjukkan adanya pengaruh yang positif dari variabel bebas yaitu opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap variabel terikat (laporan keuangan pemerintah daerah). Artinya semakin baik opini BPK akan mengakibatkan semakin baik pula laporan keuangan pemerintah daerah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/138/051604200
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Jun 2016 12:31
Last Modified: 30 Jun 2016 12:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118426
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item