Strategi Pengembangan Industri Kecil Menengah Dalam Perspektif Local Economic Development (Studi Pada Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Pasuruan)

Chasan, MuhammadIsaZakariaHernandaAbdul (2016) Strategi Pengembangan Industri Kecil Menengah Dalam Perspektif Local Economic Development (Studi Pada Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Potensi industri kecil menengah yang ada di Kabupaten Pasuruan menjadi salah satu penggerak ekonomi lokal tersendiri. Upaya pemerintah dalam melihat potensi ekonomi lokal ini menjadikan pemerintah sebagai leading sector dari pengembangan ekonomi lokal tersebut. Pengembangan ekonomi lokal yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Pasuruan ini salah satunya melalui pengembangan industri kecil menengah bordir yang dipusatkan di Kecamatan Bangil. Pemerintah Kabupaten Pasuruan mengembangkan industri kecil menengah bordir ini melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Asosiasi Pengusaha Bordir (Aspendir) sebagai stakeholder yang menaungi pengembangan tersebut. Pengembangan industri kecil menengah ini diimplementasikan melalui penentuan strategi yang diturunkan dalam bentuk program kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi pengembangan ekonomi lokal melalui industri kecil menengah bordir di Kecamatan Bangil. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi dari penelitian ini adalah Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. Sedangkan situs dari penelitian ini adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pasuruan serta Sentra Produk Unggulan Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. Metode analisis data yang digunakan peneliti adalah metode analisis interaktif data yang meliputi tiga komponen yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Strategi pengembangan industri kecil menengah ini diwujudkan dalam beberapa program kerja Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pasuruan. Strategi yang dijalankan ini ditentukan melalui penentuan strategi melalui analisis SWOT. Penentuan analisis SWOT ini dilakukan melalui penerapan matriks analisis yang menghasilkan beberapa strategi antara lain strategi Strengthness-Threatness (ST), Weakness-Threatness (WT), Strengthness-Opportunities (SO), dan Weakness-Opportunities (WO). Hasil dari penentuan strategi melalui matriks analisis SWOT tersebut dipilih melalui penilaian strategi prioritas. Penilaian strategi prioritas tersebut yang akan menjadi saran bagi pemerintah dalam menentukan strategi pengembangan ekonomi lokal. Sedangkan dampak dari pengembangan ekonomi lokal melalui industri kecil menengah dalam pengembangan industri bordir ini mempunyai dampak yang cukup besar pada pendapatan daerah melalui Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku yang setiap tahunnya dari tahun 2010 hingga 2015 mempunyai tren yang terus meningkat setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1247/051702727
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Mar 2017 10:01
Last Modified: 13 Mar 2017 10:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118384
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item