Agustina, KarismatikaSari (2016) Strategi Promosi Perpustakaan dalam Pengembangan Perpustakaan SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Keberadaan perpustakaan sangat berpengaruh bagi kesuksesan proses pembelajaran dalam berbagai jenjang pendidikan, mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), hingga jenjang Perguruan Tinggi (PT). Perpustakaan sekolah bukan hanya untuk mengumpulkan dan menyimpan bahan-bahan pustaka saja, tetapi dengan adanya penyelenggaraan perpustakaan sekolah diharapkan dapat membantu siswa dan guru dalam menyelesaikan tugas mereka yang berkaitan dengan pendidikan, serta menunjang proses belajar para siswa. Maka dari itu perlu dilakukannya strategi promosi perpustakaan dengan harapan untuk dapat meningkatkan minat kunjung perpustakaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan promosi yang dilakukan oleh Perpustakaan SMA Negeri 1 Lawang serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat kegiatan promosi perpustakaan di SMA Negeri 1 Lawang. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang digunakan adalah konsep analisis Miles dan Huberman yaitu model interaktif (Interactive Model) yang meliputi Data Collection, Data Condentation, Data Display, dan Conclusion/ Drawing Verifying. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa strategi promosi yang diterapkan oleh Perpustakaan SMA Negeri 1 Lawang yaitu (1) Promosi dalam bentuk kegiatan terbagi menjadi promosi internal yang ditujukan untuk siswa, guru, maupun karyawan sekolah dan promosi eksternal yang ditujukan untuk masyarakat umum di sekitar SMA Negeri 1 Lawang. Promosi internal berupa kegiatan pendidikan pemakai, promosi buku baru di papan pajang, membentuk komunitas cinta buku (KCB), Bulan Bahasa, dan memberikan reward bagi pengguna perpustakaan terajin. Sedangkan promosi eksternal berupa presentasi ke kelurahan terdekat, membuat kegiatan untuk masyarakat sekitar, memberikan dukungan bagi perpustakaan desa, dan juga promosi man to man dengan memberikan informasi bahwa perpustakaan SMA Negeri 1 Lawang memberikan pelayanan untuk masyarakat umum, sehingga mengajak masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan. (2) Promosi dalam bentuk cetak berupa penyebaran brosur dan poster. (3) Promosi melalui media elektronik yaitu melalui media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan juga blog perpustakaan. Faktor yang menghambat pelaksanaan kegiatan promosi di perpustakaan SMA Negeri 1 Lawang yaitu terbatasnya jumlah dan kualitas SDM, letak / posisi gedung perpustakaan, dan juga antusiasme masyarakat sekitar yang kurang dengan keberadaan perpustakaan. Sedangkan faktor yang mendukung pelaksanaan kegiatan promosi di perpustakaan SMA Negeri 1 Lawang yaitu ruang dan fasilitas perpustakaan yang memadai dan juga dukungan yang diberikan oleh pihak sekolah. Adapun saran dalam upaya menjawab permasalahan strategi promosi Perpustakaan di SMA Negeri 1 Lawang yaitu promosi perpustakaan sekolah lebih diintensifkan lagi agar siswa dan pengguna lainnya lebih mengetahui layanan dan fasilitas yang tersedia, sehingga perpustakaan bisa dimanfaatkan secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/1231/051702393 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 28 Feb 2017 14:19 |
Last Modified: | 28 Feb 2017 14:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118368 |
Actions (login required)
View Item |