An Exploration of Strategic Alliance in the Improvement of Airline’s Performance (A Case Study of PT Garuda Indonesia Airlines)

AlDyansha, Taufiq (2016) An Exploration of Strategic Alliance in the Improvement of Airline’s Performance (A Case Study of PT Garuda Indonesia Airlines). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Maskapai penerbangan domestik berkinerja tinggi terjebak karena tidak ada ekspansi pasar dan peningkatan layanan selama beberapa tahun. Saat ini, banyak perusahaan bergabung dengan Global Alliance untuk membandingkan layanannya, meningkatkan kinerja keseluruhan, dan mencapai pasar potensial baru. Global Alliance sebagai platform baru untuk mengurangi biaya, mengelola margin operasi yang lebih baik, transfer pengetahuan, mengintegrasikan penumpang, dan menemukan ide baru untuk menyelesaikan kasus penerbangan. PT Garuda Indonesia diakui sebagai salah satu perusahaan berkinerja tinggi dalam industri penerbangan. PT Garuda Indonesia dianugerahi sebagai Airlines 5 Star, Staf Kabin Terbaik Dunia, dan maskapai yang paling ditingkatkan setelah bergabung dengan Skyteam Global Alliance. Sejak bergabung dengan SkyTeam pada Mei 2014, Garuda Indonesia terintegrasi dengan 19 anggota maskapai di seluruh dunia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi peningkatan kinerja perusahaan sambil memenuhi persyaratan keanggotaan Skyteam yang berkualitas tinggi. Penelitian ini juga mengeksplorasi dampak jaringan yang dapat diperoleh perusahaan, dan peningkatan layanan dasar terintegrasi yang ditawarkan SkyTeam kepada penumpang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer, dengan melakukan wawancara dengan unit manajemen aliansi dan kemitraan dan unit layanan dasar dari PT Garuda Indonesia, dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen perusahaan, dan pembaruan berita yang terkait dengan tema penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bergabung dengan Garuda Indonesia ke SkyTeam Global Alliance meningkatkan kinerja perusahaan dalam hal sistem layanan penumpang, kualitas keselamatan, keterampilan modal manusia, pengenalan merek, dan proses transfer pengetahuan. Selanjutnya, SkyTeam Global Alliance menyediakan pasar potensial baru bagi Garuda Indonesia ke Greater China, Amerika, Eropa, dan Timur Tengah. Layanan tanah terintegrasi yang ditawarkan SkyTeam juga meningkatkan indeks kepuasan pelanggan untuk layanan Garuda Indonesia. Selain semua perbaikan, Garuda Indonesia juga menghadapi beberapa kendala untuk menyesuaikan sistem layanan penumpang modern tinggi, petugas layanan dasar yang kurang memiliki pengetahuan produk SkyTeam, dan implementasi SkyTransfer yang menyesuaikan infrastruktur dan fasilitas bandara

English Abstract

The high performance domestic airlines got stuck since there is no market expansion and service improvement for some of years. These days, many companies join the global alliance to benchmark its service, improve overall performance, and reach new potential market. Global alliance as a new platform to reduce cost, manage better operating margin, knowledge transferring, integrating passenger, and find new idea to solve any aviation cases. PT Garuda Indonesia recognized as one of high performance company in airline industry. PT Garuda Indonesia awarded as 5 star airlines, World Best Cabin Staff, and Most Improved Airlines after joining SkyTeam global alliance. Since joining SkyTeam on May 2014, Garuda Indonesia was integrated with 19 airline members worldwide. The purposed of this research is to explores the improvement of company’s performance while comply the high qualified SkyTeam membership requirements. This research also explores the networking impact that company able to obtain, and improvement of integrated ground service that SkyTeam offers to passenger. Research method that is used on this research is qualitative method with a case study approach. Data sources in this research is primary data, by doing interview with Alliance and Partnership Management Unit and Ground Service Unit from PT Garuda Indonesia, and secondary data obtained from company’s documents, and news update that is related to the research theme. The result shows that joining Garuda Indonesia to SkyTeam global alliance improve company’s performance in terms of passenger service system, quality of safety, human capital skills, brand recognition, and knowledge transfer process. Further, SkyTeam global alliance provide new potential market for Garuda Indonesia to Greater China, America, Europe, and Middle East. The integrated ground service that Skyteam offers also increase the customer satisfaction index for Garuda Indonesia service. Besides all of the improvement, Garuda Indonesia also faces some obstacles to adjust the high modern passenger service system, ground service officer which lack of SkyTeam product knowledge, and implementation of SkyTransfer which adjust the airport infrastructure and facility

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1214/051701882
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Feb 2017 13:54
Last Modified: 23 Feb 2017 13:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118348
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item