Pengaruh Citra Merek Terhadap Word Of Mouth Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Waroeng Pring Pethuk Di Jalan Cemara Kipas Dalam, Kota Batu)

Hakim, FredieRachman (2016) Pengaruh Citra Merek Terhadap Word Of Mouth Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Waroeng Pring Pethuk Di Jalan Cemara Kipas Dalam, Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan : (1) pengaruh Citra Merek terhadap Word of Mouth; (2) pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian; (3) pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dimana penelitian dilakukan di Waroeng Pring Pethuk. Variabel Citra Merek yang terdiri dari: Citra Perusahaan (X.1), Citra Produk (X.2), Citra Pengguna (X.3). Dependent variable dari penelitian ini adalah Word Of Mouth (Z) dan Keputusan Pembelian (Y). Seluruh variabel yang ada akan diukur dengan menggunakan skala Likert. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 116 orang responden yaitu pengunjung Waroeng Pring Pethuk yang mendapatkan pengaruh Word Of Mouth. Pengambilan jumlah sampel didasarkan pada karakteristik dan perhitungan yang telah ditentukan peneliti. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer mendapatkan sumber data dari angket. Pengujian instrumen dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) variabel Citra Merek berpengaruh signifikan terhadap variabel Word of Mouth; (2) variabel Word of Mouth berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian; (3) variabel Citra Merek berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian. Dapat disimpulkan bahwa Citra Merek mempengaruhi Word of Mouth, dan Keputusan Pembelian, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Dengan demikian, sebaiknya Waroeng Pring Pethuk dapat meningkatkan pelayanan untuk mempertahankan Citra Merek, karena variabel Citra Merek mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Word of Mouth dan Keputusan Pembelian, diantaranya yaitu dengan mempertahankan apa yang telah menjadi ciri khas dari Waroeng Pring Pethuk sehingga ciri khas atau konsep yang dibuat dan didesain oleh Waroeng Pring Pethuk menimbulkan persepsi yang baik di konsumen maupun calon konsumen yang akan berkunjung sehingga Keputusan Pembelian akan meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1208/051701697
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Feb 2017 10:49
Last Modified: 23 Feb 2017 10:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118341
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item