Pengembangan Objek Wisata Sebagai Upaya Meningkatkan Ekonomi Lokal (Studi Pada Objek Wisata Kebun Belimibng Ngringinrejo).

Fahrudi, ImronAziz (2016) Pengembangan Objek Wisata Sebagai Upaya Meningkatkan Ekonomi Lokal (Studi Pada Objek Wisata Kebun Belimibng Ngringinrejo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengembangan pariwisata dilakukan bertujuan untuk menjadikan pariwisata maju dan berkembang kearah yang lebih baik dari segi kualitas sarana prasarana, memudahkan akses kemana saja, menjadi destinasi yang diinginkan, dan menjadikan manfaat yang baik secara ekonomi bagi masyarakat sekitar. Kabupaten Bojonegoro merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di propinsi Jawa Timur yang memiliki luas wilayah mencapai 230.706 hektar. Kabupaten Bojonegoro memiliki potensi sumber daya alam (SDA) yang cukup besar, apalagi pendapatan terbesar terletak pada subsektor migas (minyak bumi dan gas alam). Tak hanya pada subsektor migas saja, Kabupaten Bojonegoro juga mempunyai potensi sektor dominan di subsektor non migas yang juga perlu untuk dikembangkan dan dioptimalkan secara maksimal agar dapat memacu pertumbuhan ekonomi dan mempercepat pembangunan daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan, menjelaskan, dan menganalisis potensi yang dimiliki oleh Kebun Belimbing Ngringinrejo sehingga diperlukan pengembangan objek wisata sebagai upaya untuk meningkatkan ekonomi lokal masyarakat sekitar. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengetahui kondisi lapangan, dengan cara mengumpulkan data dari BAPPEDA Kabupaten Bojonegoro, Disbudpar Kabupaten Bojonegoro serta Lembaga Desa yang mengelola objek wisata kebun belimbing Ngringinrejo. Temuan dari penelitian, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas dan Kebudayaan dan Pariwisata telah melakukan upaya pengembangan objek wisata kebun belimbing Ngringinrejo, diantaranya dengan membangun saran prasaran, membangun sarana penunjang pariwisata serta mengembangkan daya tarik objek wisata kebun belimbing Ngringinrejo. Pengembangan objek wisata kebun belimbing ini, memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat sekitar. Banyak yang memulai membuka lapak berjualan aneka makanan maupun minuman serta menyediakan lahan parkir. Partisipasi masyarakat dan akses yang mudah menjadi faktor pendukung dalam pengembangan ini, sedangkan belum adanya investor dan adanya konflik lahan menjadi faktor penghambat. Selanjutnya saran untuk pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam pengembangan objek wisata kebun belimbing Ngringinrejo adalah harus meratanya pengembangan sarana dan prasaran di objek wisata kebun belimbing, mengingat area yang cukup luas, sehingga dampak pengembangan ini bisa dirasakan oleh semua masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1207/051701696
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Feb 2017 10:44
Last Modified: 23 Feb 2017 10:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118340
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item