Analisis Efektivitas Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan Dalam Upaya Meningkatkan Pajak Daerah Kota Surabaya (Studi Pada Dinas Pendapatan dan Penglolaan Keuangan Kota Surabaya),

Silalahi, LestariPutri (2016) Analisis Efektivitas Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan Dalam Upaya Meningkatkan Pajak Daerah Kota Surabaya (Studi Pada Dinas Pendapatan dan Penglolaan Keuangan Kota Surabaya),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis Efektivitas Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan berkaitan dengan penerimaan yang diperoleh oleh DPPK Kota Surabaya, terdapat kekurangan yaitu belum tercapainya target penerimaan yang telah ditetapkan selama 5 (lima) tahun 2011- 2015. Kemampuan daerah dalam menjalankan tugas berupa pemungutan pajak bumi dan bangunan dikategorikan efektif apabila rasio yang dicapai minimal 1(satu) atau 100%. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas penerimaan pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan di Kota Surabaya berupa realisasi penerimaan, potensi, target, pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan di Kota Surabaya dan mendeskripsikan faktor- faktor yang menghambat optimalisasi penerimaan pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan dalam upaya meningkatkan Pajak Daerah di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder. Data primer berupa hasil wawancara, sementara data sekunder berupa dokumen laporan keuangan dan dokumen profil Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Kota Surabaya. Hasil penelitian analisis efektivitas penerimaan pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan dilaksanakan dengan perhitungan efektivitas, potensi, dan kontribusi pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan selama 5 (lima) tahun periode 2011-2015, kendala pengoptimalisasi penerimaan pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan yaitu: (1) data wajib pajak tidak sesuai (2) NOP ganda (3) objek pajak tidak ditemukan (4) kurangnya kesadaran wajib pajak (5) perubahan objek pajak dan upaya pengoptimalisasi penerimaan pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan yaitu: (1) melakukan evalusai kinerja (2)pengkajian ulang data (3) melakukan pelatihan karyawan (4) melakukan sosialisai kepada masyarakat (5) penambahan UPTD. Efektivitas penerimaan pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan Kota Surabaya 5 (lima) tahun periode 2011-2015 cukup efektif. Saran peneliti kepada Dinas Pendapatan dan Pengeloaan Keuangan Kota Surabaya adalah (1) meningkatkan kinerja, (2) memaksimalkan fungsi mobil keliling, (3) melakukan pendataan ulang, (4) membentuk sub seksi baru khususnya PBB dan BPHTB, (5) melakukan integrasi data, (6) meningkatkan sosialisasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1198/051701687
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Feb 2017 13:51
Last Modified: 22 Feb 2017 13:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118329
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item