Pengaruh Temporary Differences dan Permanent Differences Terhadap Price Book Value dengan Persistensi Laba sebagai Variabel Moderating (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi

Aulia, WahyuSatrio (2016) Pengaruh Temporary Differences dan Permanent Differences Terhadap Price Book Value dengan Persistensi Laba sebagai Variabel Moderating (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Laporan keuangan merupakan gambaran hasil kinerja perusahaan selama satu periode pencatatan. Kinerja perusahaan dapat dilihat melalui laba, sehingga bermanfaat bagi pengguna laporan keuangan seperti investor, kreditor dan fiskus. Perbedaan kepentingan oleh pengguna laporan keuangan membuat perusahaan menuyusun laporan keuangan berdasarkan Prinsip Akuntansi yang Berlaku Umum (PABU) dan berdasarkan ketentuan perpajakan yang berlaku sehingga menyebabkan adanya book tax differences. Book tax differences dibagi menjadi dua yakni, temporary differences dan permanent differences. Book-tax differences dapat mengindikasikan adanya persistensi laba, akrual maupun aliran kas dalam memprediksi laba satu tahun ke depan. Perusahaan yang mampu mempertahankan laba dari tahun ke tahun lebih membuat investor tertarik karena lebih mampu menjaga perusahaan untuk tetap stabil. Ketertarikan investor terhadap perusahaan dapat dilihat melalui harga saham yang diperbandinhgkan dengan nilai buku perusahaan atau biasa disebut price book value (PBV). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh temporary differences dan permanent differences terhadap price book value dengan persistensi laba sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan data dari laporan keuangan perusahaan tahun 2012 hingga tahun 2014 dengan jumlah sampel 25 perusahaan di sektor consumer goods industry. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Temporary differences dan permanent differences berpengaruh secara bersama-sama terhadap price book value; 2) Temporary differences secara parsial tidak berpengaruh terhadap price book value, serta permanent differences secara parsial berpengaruh terhadap price book value; 3) Persistensi laba dapat memperkuat dan memperlemah pengaruh temporary differences dan permanent differences secara parsial maupun bersama-sama terhadap PBV perusahaan di sektor consumes goods industry. Melalui persistensi laba, temporary differences dan permanent differences dapat meningkatkan PBV. Temuan dalam penelitian ini mengindikasikan bahwa perusahaan dengan temporary differences dan permanent differences yang tinggi tinggi tidak dapat dikatakan bahwa memiliki pelaporan keuangan yang buruk. Hal tersebut dapat ditunjukkan dari hasil penelitian ini, bahwa semakin rendah permanent differences maka nilai PBV akan semakin tinggi dengan catatan perusahaan tersebut juga memiliki laba yang persisten.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1193/051701682
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Feb 2017 09:34
Last Modified: 22 Feb 2017 09:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118324
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item