Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Komunitas (Studi Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Komunitas Malang Creative Fusion).

Amelia, Rizky (2016) Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Komunitas (Studi Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Komunitas Malang Creative Fusion). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam menghadapi era preekonomian yang baru ini perlu adanya inovasi dari pemerintah sebagai bentuk usaha untuk menaikan daya saing negaranya. Salah satu upaya yang dilakikan oleh pemerintah Kota Malang khususnya Dinas Perindustrian dan Perdagangan adalah dengan mengembangkan sistem ekonomi baru yang berbasis kreativitas masyarakat yang baisa dikenal dengan ekonomi kreatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Dalam menganalisis data penelitian ini mengguakan metode analisis interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman serta metode analisi SWOT yang dikemukakan oleh Fredi Rangkuti. Dalam penelitian ini ditemukan permasalahan yang menyebabkan strategi yang telah dibentuk belum dapat berjalan secara optimal, diantaranya adalah kurangnya komunikasi antara Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang dengan Komunitas Malang Creative Fusion, masih rendahnya kesadaran pelaku industri untuk berinovasi, dan kurangnya tenaga fungsional. Dengan melihat permasalahn yang ada ditemukan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang dan dari kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman di temukan empat strategi alternatif, yaitu : Mengoptimalkan Peran Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Serta Sumber Daya Manusia Untuk Mengembangkan Kualitas Produk Industri Kreatif, Meningkatkan Inovasi Dalam Industri Kreatif dan Jumlah Tenaga Fungsional, Meningkatkan Kualitas Produk lokal dan Melakukan Sosialisasi Terkait Kota Kreatif, Menciptakan Iklim Persaingan Usaha yang Sehat dan Fair Antar Pelaku Industri Kreatif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1179/051701668
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Feb 2017 14:10
Last Modified: 27 Dec 2021 07:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118308
[thumbnail of SKRIPSI_RIZKY AMELIA_125030601111002.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_RIZKY AMELIA_125030601111002.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item