Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, Dan Sanksi pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Usaha Dan Pekerjaan Bebas (Studi Pada Wajib Pajak Pekerjaan Bebas Prak

HendraSetyawan, Aditya (2016) Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, Dan Sanksi pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Usaha Dan Pekerjaan Bebas (Studi Pada Wajib Pajak Pekerjaan Bebas Prak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas umumnya tidak membuat pembukuan atas harta yang dimilikinya, dan juga kerap tidak melakukan pencatatan atas penerimaan dan pengeluaran atas harta tersebut. Berdasarkan catatan aparat pajak, para wajib pajak pribadi umumnya juga melakukan transaksi secara tunai. Oleh karena itu, banyak transaksi maupun investasi yang sebenarnya terjadi tapi tidak tercatat. Berdasarkan hal tersebut penelitian terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang melakukan kegiatan usaha dan pekerjaan bebas ini menarik untuk dilakukan. Penelitian ini mengkaji tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang melakukan kegiatan usaha dan pekerjaan bebas di Kecamatan Singosari dan Dau dengan menggunakan beberapa variabel bebas seperti kesadaran wajib pajak, pelayanan fiskus, dan sanksi pajak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kesadaran wajib pajak, pelayanan fiskus, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang melakukan kegiatan usaha dan pekerjaan bebas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif . Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan membagikan kuesioner dan selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Populasi penelitian ini adalah wajib pajak yang melakukan usaha dan pekerjaan bebas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu dengan memilih Kecamatan Singosari dan Dau, Hasil penelitian ini adalah kesadaran wajib pajak, pelayanan fiskus, dan sanksi pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepatuhan formal wajib pajak secara bersama-sama dan parsial.

English Abstract

Taxpayer private people who are doing jobs free on generally not make bookkeeping which it owns, and also often do not do the recording over receipts and expenditures. Based on the records of the tax authorities, the personal tax payers are generally also do transactions in cash. Therefore, many transactions or investments that actually happened but not recorded. Based on this research on taxpayer compliance doing business activities and the jobs free interesting to do. This research examines levels of taxpayer compliance person of him who do business activities and work freely in the subdistrict of Singosari and Dau by using some of the free variables such as the tax payers awareness, personal service, and tax penalties. The purpose of this study was to analyze the influence of the consciousness of taxpayers, the personal service, and sanctions against tax compliance to tax payers the people he who does business activity and employment. Type of this research is descriptive research with quantitative approach. The technique of data collection on these studies is to allot the next questionnaire and data were analyzed using multiple linear regression analysis. The population of this study is the tax payers who do business and work freely. Sampling in this study by using purposive sampling method, i.e. by selecting Sub Singosari and Dau, the results of this research is the consciousness of the taxpayers, service tax and sanctions, fiskus effect positively and significantly to the level of formal compliance taxpayers collectively and partial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1130/051700307
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 27 Jan 2017 09:12
Last Modified: 27 Jan 2017 09:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118254
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item