Implementasi Kontrak Bisnis Terhadap Budaya Lintas Negara Di Jepang (Studi Pada Tenants Di Connect House Co., Ltd.)

Douglas, AndiMItchel (2016) Implementasi Kontrak Bisnis Terhadap Budaya Lintas Negara Di Jepang (Studi Pada Tenants Di Connect House Co., Ltd.). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana implementasi kontrak tenants di Jepang dan kaitannya dengan budaya dari berbagai negara di luar Jepang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif murni atau yang biasa disebut dengan phenomenology. Hasil penelitian menunjukkan lima tahap sebagai implementasi dalam berkontrak di Jepang antara lain; (1) Creating information yaitu informasi akomodasi yang dibuat oleh perusahaan; (2) Offer yitu dimana calon tenant dapat mencari informasi yang dibuat oleh perusahaan dari situs akomodasi di internet dan juga dari agen propoerti; (3) Negotiation yaitu dimana para pihak mencoba melakukan percakapan sebelum calon tenant memutuskan untuk membeli produk (sewa akomodasi) perusahaan atau tidak; (4) Accepting yaitu pihak calon tenant menerima kondisi yang diberikan oleh perusahaan dan; (5) Completing contract dimana calon tenant membayar dan melakukan penandatanganan kontrak untuk melegalkan kesepakatan. Selanjutnya pada tahap-tahap implementasi tersebut setiap negara memiliki pemikiran, kebiasaan, dan cara yang berbeda. Pendekatan budaya yang dilakukan antara lain; (1) Individualism vs collectivism untuk melihat bagaimana pengambilan keputusan dalam hasil negosiasi; (2) Masculinity vs feminity untuk melihat sikap tenant dan perusahaan menegakkan isi kontrak; (3) Uncertainty Avoidance untuk melihat perilaku masyarakat dalam menghadapi situasi yang ambigu; (4) High vs low context untuk melihat kedetilan isi kontrak; (5) Universalism vs particularism untuk melihat kedudukan kontrak dan; (6) Internal vs external orientation untuk melihat perilaku dalam bernegosiasi.

English Abstract

The objective of this research is to describe how to implement the business contract in Japan and the connection with the cross cultural nation from the other country outside from Japan. This research is conducted using pure descriptive qualitative methods or phenomenology approach. This research reveal five steps to contracting as the implementation in Japan as; (1) Creating information, that is the information of accommodation that created by the company; (2) Offer, that is the tenants could get the information that created by the company by using sites from internet or from agent; (3) Negotiation, that is where each parties try to talk before tenants decided want to buy the accommodation (rent) or not; (4) Accepting, that is the tenants are agree with the conditions that are offered by the company and; (5) Completing contract, that is the tenants paying and signing the contract to create a legal relations. Afterwards each country has their own habit, way, and idea which is different in the steps of implementations. Cultural approach under study include; (1) Individual vs collectivism to see how people make decision of negotiation; (2) Masculinity vs feminity to see the habit of tenants and company when they have to protect the consideration of contract; (3) Uncertainty avoidance to see how the behavior of people when they have to face ambiguous situation. (4) High vs low context to see how details is the contract. (5) Universalism vs particularism to see the power or position each party in the contract and; (6) internal vs external orientation to see the behavior each parties when they negotiating.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1124/051700258
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 16 Jan 2017 08:58
Last Modified: 16 Jan 2017 08:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118247
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item